Kompas.com - 13/09/2022, 12:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi yang sedang berburu mobil keluarga namun menginginkan kesan mewah serta kabin yang lapang, multi purpose vehicle (MPV) mewah bisa menjadi pilihan.

Di pasar Indonesia, mobil jenis ini memang terbilang mahal. Seperti contoh Toyota Alphard yang dibanderol mulai dari Rp 1,1 miliar.

Namun, bagi yang punya dana terbatas, bisa mencari alternatif unit bekasnya. Ada beberapa mobil MPV mewah yang dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga: Solusi Alternatif Onderdil Orisinal Sistem AC pada Motuba

Tapi agar tidak terlalu lawas, redaksi mencoba mencari deretan MPV mewah bekas yang usia pakainya tak lebih dari 5 tahun berdasarkan penelusuran di beberapa situs jual beli mobil bekas online, Selasa (13/9/2022).

Melihat dari deretan harganya, rata-rata memang masih cukup tinggi. Contoh untuk Toyota Alphard keluaran 2017 yang harganya dipasarkan mulai dari Rp 649 jutaan hingga Rp 845 jutaan. Sementara untuk lansiran tahun 2018 dibanderol Rp 880 jutaan sampai Rp 1 miliaran.

Selain Alphard, ada juga Nissan Elgrand yang banderolnya relatif lebih murah, namun khusus untuk model ini rata-rata keluaran terakhirnya merupakan produksi 2015. Nissan Elgrand tahun 2015 dibanderol dengan kisaran Rp 389 jutaan.

Mazda Biante tetap difavoritkan selain Mazda2KompasOtomotif Mazda Biante tetap difavoritkan selain Mazda2

Namun bagi yang ingin mencari MPV mewah dengan harga yang ramah kantong, pilihannya bisa mengintip produk keluaran Hyundai dan Mazda, yakni H-1 dan Biante.

Untuk tahun 2017 hingga 2018 rata-rata harga untuk Hyundai H-1 sudah di kisaran Rp 335 juta jutaan hingga Rp 470 juta. Sementara yang lebih mudah, yakni keluaran 2021 berkisar Rp 550 jutaan.

Sementara untuk Mazda Biante sendiri, dipasarkan jauh lebih bersahabat. Untuk tahun produksi 2017 dijual sebesar Rp 225 jutaan sampai Rp 239 jutaan.

Namun perlu digaris bawahi bahwa harga bekas tersebut tidak bisa menjadi patokan. Jika ada perbedaan harga meski tipe dan tahun produksinya sama, bisa jadi karena kondisi fisik unit yang berbeda baik dari sisi mesin, bodi, kelistrikan, hingga kaki-kaki.

Campervan Hyundai H1 milik Annissa SusantoKompas.com/ApridaMegaNanda Campervan Hyundai H1 milik Annissa Susanto

Baca juga: Rancid! Honda Supra Custom Ala Monkey Jadul

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.