Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Konsumsi Bahan Bakar Mazda2 Sedan, Tembus 14,7 Kpl

Kompas.com - 13/09/2022, 09:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda 2 sedan merupakan salah satu jagoan Mazda di segmen sedan menengah. Apalagi untuk generasi terbaru, model ini sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih di kelasnya.

Secara spesifik Mazda 2 sedan dibekali dengan mesin Skyactiv G 1.500 1.496 cc DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 111 Tk pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 144 Nm pada 4.000 rpm.

Performa tersebut disalurkan dengan transmisi SkyActiv Drive 6-percepatan otomatis yang juga bisa dioperasikan dengan mode manual.

Baca juga: Bedah Fitur Canggih Mazda 2 Sedan

Redaksi pun diberi kesempatan untuk mengetes Mazda 2 sedan selama beberapa hari. Pengujian termasuk menghitung berapa konsumsi bahan bakar dari sedan asal pabrikan Jepang yang dibanderol dengan harga Rp 338 jutaan ini.

Test Drive Mazda 2 SedanKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive Mazda 2 Sedan

Untuk konsumsi bahan bakar yang diukur, terbagi menjadi dua yakni dalam kota dan luar kota. Perhitungan menggunakan MID yang ada di instrument cluster dan diisi dengan bahan bakar RON 90.

Untuk konsumsi bahan bakar dalam kota, Mazda 2 sedan mendapatkan angka 12,3 kilometer per liter (kpl). Hasil ini didapat dengan mobil melaju di daerah perkotaan sejauh 79,5 km.

Kondisi jalan yang dilalui bervariasi, namun didominasi dengan macetnya jalan Ibu Kota, rutenya dari Jakarta Barat ke Tangerang, lalu lanjut ke Jakarta Selatan.

Bisa dibilang, hasil konsumsi BBM tersebut cukup irit, Salah satu hal yang membuat Mazda 2 sedan hemat bahan bakar adalah fitur i-Stop (idling stop system). Sistem ini merupakan idling start stop yang mematikan mesin saat mobil sedang berhenti sesaat. Tentu saat mesin mati, BBM tidak terbakar, jadi lebih hemat.

Konsumsi BBM Mazda 2 sedan dalam kota dan luar kotaKompas.com/ApridaMegaNanda Konsumsi BBM Mazda 2 sedan dalam kota dan luar kota

Selanjutnya, untuk konsumsi bahan bakar luar kota. Mazda 2 sedan meraih angka 14,7 kpl. Angka ini didapatkan dengan mobil melaju di jalan tol dengan kondisi yang beragam sejauh 124 km.

Baca juga: Berapa Suhu AC Mobil yang Ideal Supaya Hemat Bahan Bakar?

Tentu angka konsumsi BBM tersebut terbilang cukup hemat untuk ukuran mobil sedan dengan mesin berkapasitas 1.500 cc dan tenaga yang responsif.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com