Kompas.com - 12/09/2022, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil listrik kini menjadi salah satu kendaraan yang popularitasnya tengah menanjak di berbagai negara, begitu juga di Indonesia.

Penggunaan mobil listrik menjadi salah satu bagian dari wacana pemerintah dalam menerapkan program elektrifikasi kendaraan. Ekosistem mobil listrik dipercaya menjadi kendaran ramah lingkungan dari pada mobil menggunakan BBM.

Baca juga: Aleix Espargaro Bangga Honda Contek Desain Aerodinamika Aprilia

Yannes Martinus Pasaribu, pengamat otomotif yang berprofesi sebagai dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan, jika penggunaan mobil listrik tidak sepenuhnya ramah lingkungan.

“Pakai kendaraan listrik pun sebenarnya tidak sepenuhnya go green. Listriknya itu dari PLN yang 35 persennya pakai solar dan harga BBM nya saat ini sedang naik, serta pakai batu bara. Artinya karbonnya ada juga sehingga belum sepenuhnya ramah lingkungan,” kata Yannes kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Konsep mobil listrik HondaDok. Carbuzz.com Konsep mobil listrik Honda

Maka dari itu, saat ini tantangan ekosistem kendaraan listrik yang bertujuan agar memberikan efek yang ramah terhadap lingkungan di Indonesia adalah sumber energi dari solar dan batu bara.

Artinya sumber energi yang digunakan tidak sepenuhnya bersih karena masih bisa mencemari lingkungan.

Baca juga: Deretan Fitur Unggulan Toyota Rush GR Sport

Yannes juga mengatakan, jika Pemerintah mau serius untuk jangka panjang dalam program elektifrikasi, harusnya segera benahi pula sumberdaya atau sumber penghasil energi yang saat ini digunakan untuk kendaraan listrik dengan sumber energi terbarukan.

“Jangan pakai diesel dan jangan pakai batu bara untuk pembangkit listriknya,” kata Yannes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.