Apa yang Seharusnya Dilakukan Operator Bus Saat Terlibat Kecelakaan

Kompas.com - 13/09/2022, 06:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian kecelakaan yang melibatkan bus kembali terjadi. Biasanya, pengemudi yang jadi tersangka, lantaran mengemudi dengan ugal-ugalan atau terjadi rem blong.

Selain pengemudi seharusnya pemilik bus atau operator juga kena sanksi. Mengingat pengemudi hanya mengemudikan, tapi operator harus bisa merawat kendaraannya dan menunaikan kewajiban seperti uji berkala dan sebagainya.

Menurut Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam, pada sebuah kecelakaan memang pengemudi yang seharusnya bertanggung jawab. Namun, perusahaan juga tetap ikut turun tangan menangani korban.

Baca juga: Pemilik Usaha Bus Harus Ikut Tanggung Jawab Saat Terjadi Kecelakaan

Kecelakaan bus di Wonosobodoc NTMC Polri Kecelakaan bus di Wonosobo

"Pengemudi yang bertanggung jawab mengemudikan kendaraannya. Kecuali, jika sudah tahu kendaraan rusak, tapi dipaksa berangkat, maka bisa jadi tanggung jawab bersama (pengemudi dan operator)," ucap Anthony kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Untuk PO Sumber Alam, Anthony mengatakan, kalau pihaknya pasti membantu dan mengurus kalau terlibat kecelakaan. Jadi pengemudi tidak dibebankan semua tanggung jawab.

Baca juga: Campur Pertalite dengan Pertamax Bisa Tingkatkan Kualitas BBM?


"Nanti dilihat kasus per kasus. Tapi dengan pihak luar (korban) pasti kamu selesaikan dengan baik. Bagaimana pun, secara moral pasti ikut bertanggung jawab," kata Anthony.

Tentu ada saja kasus kecelakaan bus yang terjadi akibat kesalahan teknis. Jika seperti itu, maka pemilik sebagai yang merawat kendaraan harus ikut diminta tanggung jawab, jangan biarkan lepas tangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.