Kompas.com - 11/09/2022, 10:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji emisi kendaraan bermotor menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor, yang kendaraannya berusia lebih dari tiga tahun. Pemilik kendaraan harus melakukan uji emisi sebelum membayar pajak kendaraan.

Ada sejumlah sanksi yang bisa dikenakan untuk pemilik kendaraan, yang kendaraan bermotornya tidak melalui uji emisi atau tidak lolos tes tersebut. 

Baca juga: Jusuf Hamka Borong 35 Unit Mobil Listrik Wuling Air ev

Pemilik kendaraan bermotor juga dapat dikenakan denda pajak, jika kendaraannya tidak lolos atau belum melakukan uji emisi. Kemudian, sanksi lainnya ialah disinsentif berupa pembayaran tarif parkir tertinggi.

Besaran tarif parkir yang berlaku ini mengacu kepada Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2017 tentang Layanan Parkir, Denda Pelanggaran Transaksi dan Biaya Penderekan/Pemindahan Kendaraan Bermotor.

Ilustrasi mobil bekas. Penjualan mobil bekas di Bengkulu anjlok sampai 50 persen pasca kenaikan harga BBM.SHUTTERSTOCK/Fedorovekb Ilustrasi mobil bekas. Penjualan mobil bekas di Bengkulu anjlok sampai 50 persen pasca kenaikan harga BBM.

Kebijakan disinsentif tarif parkir ini mengacu kepada Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Bab V Pasal 17:

"Setiap pemilik Kendaraan Bermotor yang tidak melakukan uji emisi gas buang dan/atau tidak memenuhi ketentuan lulus uji emisi gas buang dikenakan disinsentif berupa pembayaran parkir tertinggi mengacu pada Peraturan Gubernur mengenai tarif layanan parkir di ruang milik jalan dan/ atau luar ruang milik jalan."

 

Baca juga: Cek Tarif Ojek Online yang Naik Hari Ini

Kewajiban melakukan uji emisi manual ini diharapkan dapat membantu mengurangi polusi di ibukota Jakarta. 

Sebelumnya, catatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mencatat, 75 persen polusi udara di iku kota berasal dari emisi kendaraan bermotor roda dua dan roda empat. Uji emisi diharapkan dapat menekan besarnya polusi yang dihasilkan saat berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.