Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Aprilia Bilang Jalan Menuju Juara Dunia MotoGP Masih Panjang

Kompas.com - 10/09/2022, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim ini, Aprilia benar-benar memperlihatkan kemajuannya yang signifikan. Meski sudah meraih delapan podium, Aprilia masih belum puas.

Ketiga pebalapnya, Aleix Espargaro, Maverick Vinales, dan Lorenzo Savadori, mengaku puas setelah mengikuti sesi tes di Sirkuit Misano, Italia, belum lama ini.

Baca juga: Aleix Sebut Tim Satelit Bakal Bantu Aprilia Mengekor Ducati

Namun demikian, Direktur Teknis Aprilia Romano Albesiano, memilih untuk melakukan pendekatan secara analitis. Dia memilih untuk tidak terlalu antusias dan tidak berekspektasi tinggi.

Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Jerman 2022. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)RONNY HARTMANN Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Jerman 2022. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)

"Terlepas dari apa yang muncul di pikiran melihat hasil musim ini, jalan kami masih panjang sebelum kami benar-benar kompetitif. Kami tidak puas dan kami tidak akan puas sampai kami bisa menutup semua gap di RS-GP," ujar Albesiano, dikutip dari Speedweek.com, Jumat (9/9/2022).

Albesiano mengatakan, timnya sudah mulai menggarap ide-ide untuk RS-GP versi 2023. Namun, proses analisis harus dilakukan secara teliti agar motor lebih kompetitif.

Baca juga: Miguel Oliveira dan Raul Fernandez Resmi Gabung RNF Aprilia

"Ini semua adalah konsep yang bisa berhasil dan lainnya yang tidak memberikan peningkatan yang jelas. Setelah menyelesaikan banyak putaran, kami harus benar-benar bisa menganalisa data yang sudah dikumpulkan," kata Albesiano.

Aleix Espargaro saat balapan pada MotoGP Inggris 2022Kompas.com/Donny Aleix Espargaro saat balapan pada MotoGP Inggris 2022

Albesiano menambahkan, soal performa, Aprilia ada di level yang cukup baik. Tapi, justru karena itu pengembangannya tidak boleh diperlambat.

Saat ini, Aleix ada di peringkat ketiga dengan total 178 poin dan Vinales di peringkat kedelapan dengan 101 poin. Aleix masih tertinggal 33 poin dari Fabio Quartararo yang ada di puncak klasemen.

Untuk kategori tim, Aprilia Racing Team ada di peringkat kedua dengan total 279 poin. Lalu, untuk kategori konstruktor, Aprilia menduduki peringkat ketiga dengan 201 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com