Mulai Berlaku Besok, Ini Rincian Kenaikan Tarif Ojek Online

Kompas.com - 09/09/2022, 18:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sesuai dengan pengumuman Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tarif baru ojek online (ojol) bakal diterapkan pada Sabtu, 10 September 2022.

Sebelumnya, tercatat sudah dua kali penundaan kenaikan tarif ojol yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

Jika sesuai jadwal, tarif baru ojol itu seharusnya berlaku pada 14 Agustus 2022, namun aturan tersebut ditunda penerapannya menjadi 29 Agustus 2022.

Baca juga: Bocoran Hyundai Santa Fe Generasi Terbaru, Desain Berubah Total

Pengemudi ojek online dengan penumpangnya di Stasiun Karet, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan pengemudi ojek online beroperasi untuk mengangkut penumpang selama PSBB transisi dengan menerapkan protokol kesehatan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengemudi ojek online dengan penumpangnya di Stasiun Karet, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan pengemudi ojek online beroperasi untuk mengangkut penumpang selama PSBB transisi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tetapi, lagi-lagi penerapan itu kembali ditunda, hingga akhirnya resmi diumumkan pada Rabu kemarin (7/9/2022).

Hendro Sugiatno, Direktur Jenderal Perhubungan Darat mengatakan, ada dua komponen yang menjadi penentu dalam kenaikan biaya jasa ojek online.

“Pertama biaya langsung seperti kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan biaya tidak langsung berupa sewa penggunaan aplikasi sebesar 15 persen,” ucap Hendro, dalam Press Conference Penyesuaian Tarif Ojek online dan Bus AKAP Kelas Ekonomi (7/9/2022).

Baca juga: Desain Mobil Zaman Sekarang Semakin Mirip

Penerapan tarif baru tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan (KM) Nomor KP 564 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi.

Sementara untuk ketetapan tarif ojek online terbaru mengalami kenaikan sebesar 6 sampai 10 persen.

Baca juga: Cerita Ratu Elizabeth II Menjadi Mekanik Truk pada Perang Dunia II

Sejumlah pengemudi atau pekerja ojek online dari berbagai perusahaan longmarch dari Jalan Tupare Kabupaten Cirebon menuju Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Rabu (7/9/2022). Mereka menolak kenaikan BBM karena sangat memberatkan aktivitas mereka yang setiap saat di jalananMUHAMAD SYAHRI ROMDHON Sejumlah pengemudi atau pekerja ojek online dari berbagai perusahaan longmarch dari Jalan Tupare Kabupaten Cirebon menuju Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Rabu (7/9/2022). Mereka menolak kenaikan BBM karena sangat memberatkan aktivitas mereka yang setiap saat di jalanan

Dalam keputusan tersebut, Kemenhub membagi tiga zonasi tarif ojol tahun 2022 untuk para operator yang terdiri dari:

-Zona I meliputi wilayah Sumatera, Jawa (di luar Jabodetabek), dan Bali
-Zona II meliputi wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).
-Zona III meliputi wilayah Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sekitarnya, Maluku, serta Papua.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.