Biaya Isi Pertamax Full Tank Pajero Sport dan Fortuner Tembus Rp 1 Juta

Kompas.com - 08/09/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bahan bakar minyak (BBM) resmi naik per Sabtu (3/9/2022) lalu, jenis Pertamax, Pertalite, dan Solar.

Untuk Pertamax, kenaikannya mencapai Rp 2.000, dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500. Sebelumnya, harga BBM Pertamina yang lain seperti Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite justru mengalami penurunan pada awal September 2022.

Baca juga: Harga Pertamax Naik, Segini Biaya Isi Full Tank Terios, Rush, dan BR-V

Kondisi ini kemudian berimbas bagi pemilik kendaraan, baik pengguna Pertamax, Pertalite, dan Solar.

Untuk pengguna sport utility vehicle (SUV) ladder frame, seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner bermesin bensin, biaya isi Pertamax hingga tangki bensin penuh membutuhkan biaya yang cukup besar.

Perlu diketahui, khusus untuk Pajero Sport baru hanya ada satu pilihan mesin, yaitu diesel saja. Sedangkan Fortuner masih ada pilihan mesin bensin. Namun, model bekas untuk keduanya masih tersedia pilihan mesin bensin dan diesel.

Ulasan kali ini akan menghitung pengisian BBM Fortuner dan Pajero Sport unit lama yang masih memiliki pilihan mesin bensin. Otomatis jenis BBM yang dipilih, yaitu Pertamax.

Kapasitas tangki keduanya cukup besar, yaitu di atas 60 liter. Sehingga biaya yang dibutuhkan terbilang besar.

Pajero SportKompas.com/ApridaMegaNanda Pajero Sport

Baca juga: Biaya Isi Pertalite Full Tank untuk Agya, Alya, dan Brio Satya

Mitsubishi Pajero Sport memiliki kapasitas tangki 68 liter. Untuk mengisi full tank, biaya yang diperlukan, yaitu Rp 986.000.

Sebelum mengalami kenaikan, Pajero Sport membutuhkan biaya sekitar Rp 850.000 untuk mengisi hingga full tank.

Sedangkan Toyota Fortuner memiliki kapasitas tangki yang lebih besar, yaitu 80 liter. Biaya pengisian hingga tangki penuh ada di kisaran Rp 1.160.000, naik Rp 160.000 jika dibandingkan dengan harga saat Pertamax belum naik, yaitu Rp 1.000.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.