Demo BBM Masih Ada Hari Ini, Penutupan Jalan Situasional

Kompas.com - 08/09/2022, 12:54 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah elemen masyarakat masih menggelar aksi memprotes kenaikan banderol bensin di Patung Kuda dan Gedung DPR, Jakarta Pusat pada Kamis (8/9/2022).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, mengatakan, pihaknya melakukan pengawalan dan penjagaan terhadap massa aksi yang akan berunjuk rasa.

“Pengamanan yang pasti sudah kami siapkan untuk menjaga dan mengawal masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya,” ujar Zulpan, disitat dari NTMC Polri (8/9/2022).

Baca juga: Perbedaan SPBU Merah, Biru dan Hijau Milik Pertamina

Pengguna jalan melintasi jalur Transjakarta saat terjadi demonstrasi dari elemen buruh  depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (6/9/2022). Mereka menolak kenaikan harga BBM.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengguna jalan melintasi jalur Transjakarta saat terjadi demonstrasi dari elemen buruh depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (6/9/2022). Mereka menolak kenaikan harga BBM.

Meski begitu, Zulpan tidak merinci jumlah personel yang akan melakukan pengamanan demo. Ia mengatakan pihaknya akan memastikan demo berjalan dengan lancar tanpa mengganggu kepentingan masyarakat lainnya.

“Untuk personel pengamanan menyesuaikan jumlah massa. Yang terpenting kegiatan penyampaian masyarakat berjalan tertib dan lancar tanpa mengganggu kepentingan pengguna jalan lainnya. Polisi akan memastikan lalu lintas tidak terganggu,” ucap Zulpan.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Purwanta, mengatakan, penutupan jalan di lokasi aksi bersifat situasional. Menurutnya lalu lintas akan ditutup dengan mempertimbangkan eskalasi massa.

Baca juga: Tarif Ojol Resmi Naik, Ini Kata Asosiasi Ojol

“(Penutupan jalan) tentatif. (Demo) di Patung Kuda dan DPR,” kata Purwanta, pada kesempatan yang sama.

Sebelumnya, BEM Seluruh Indonesia (SI) akan menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Jakarta Pusat (Jakpus), terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Nanti start di Perpusnas itu kemungkinan jam 13.00, long march ke arah Patung Kuda,” ujar Purwanta.

Aksi tersebut akan diikuti kurang lebih 1.000 orang se-Jabodetabek. Dalam aksi tersebut, mereka menuntut pemerintah untuk menurunkan harga BBM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.