Kompas.com - 07/09/2022, 18:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan sepeda motor dan mobil, memiliki bagian bodi yang kasar berwarna hitam. Biasanya menjadi bagian dari spakbor bagian belakang, fender, atau dasbor.

Seiring dengan penggunaan sehari-hari serta usia kendaraan, kelir hitam pada bagian bodi yang kasar tersebut bisa menjadi kusam. Alhasil membuat tak sedap dipandang.

Umumnya, pemilik kendaraan akan menggunakan semir atau trimmer guna mengatasi hal tersebut, namun hal itu tak banyak membantu karena sifatnya hanya sementara alias tak permanen.

Menurut Joni Ilmawan, Managar Team Painting Diton Premium, penggunaan semir untuk bagian bodi kasar di mobil atau motor biasanya tak bertahan lama, hanya sekitar 3 sampai 5 hari. Bila mau lebih awet dan permanen bisa menggunakan produk produknya, yakni Diton Dasboard Coating.

Baca juga: 4 Teknik Berkendara Irit BBM untuk Mobil Manual

"Tak seperti semir, produk berbasis coating ini memberikan efek permanen pada permukan bodi kasar motor ataupun mobil," kata Joni, dalam keterangan resminya, Selasa (7/9/2022).

Diton Dasboard CoatingKOMPAS.com/STANLY RAVEL Diton Dasboard Coating

Secara efek, Joni mengklaim penggunaan dasboard coating keluaran Diton memiliki efek seperti semir. Namun bedanya lebih tahan lama karena bersifat permanen, bahkan bisa mengubah tampilan kusam dan kasar menjadi halus.

Tak hanya itu, adanya keretakan pada bagian bodi atau dasbor juga bisa disamarkan tanpa mengubah tekstur bawaan pabrik. Dengan demikian, bisa terlihat seperti baru.

"Tidak seperti cat pada umumnya yang menutup tektur. Produk ini juga memberikan efek daun talas dan tahan terhadap bensin, sehingga penggua tak perlu takut coating menjadi luntur," katanya.

Aplikasinya juga mudah dan bisa dilakukan sendiri. Cukup bersihkan bagian yang ingin dicoating serta pastikan tak ada debu yang menempel, lalu kocong kaleng selama 30 detik dan semprotkan secara merata dengan jarak kurang lebih 15 centimeter (cm).

Baca juga: Tarif Ojol Resmi Naik, Ini Kata Asosiasi Ojol

Proses pengeringan juga diklaim cukup singkat, hanya sekitar 10 sampai 20 menit. Selain itu, konsumen juga bisa memilih warna yang disajikan dengan harga yang tak terlalu mahal, yakni Rp 70.000.

Cat semprot coating untuk dasborDiton Cat semprot coating untuk dasbor

"Cukup satu kaleng saja, semprotkan produk secara tipis merata 2–3 lapis. Tanpa lapisan dasar dan finising, pengguna sudah mendapatkan dasbor baru, kuat, serta mampu mencegah dari jamur," ujar Joni.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.