New Fuso eCanter Resmi Meluncur, Punya Banyak Tipe dan Pilihan Baterai

Kompas.com - 07/09/2022, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) meluncurkan generasi erbaru dari Fuso eCanter, Rabu (7/9/2022).

Pengembangan generasi terbaru eCanter ini merupakan hasil dari lima tahun pengoperasian sejak 2017. Pada generasi terbaru ini, MFTBC menawarkan truk dengan berbagai pilihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

eCanter terbaru akan dijual di Jepang pada musim semi 2023, sedangkan di negara luar Jepang akan mengikuti di tahun selanjutnya.

Baca juga: Selama 3 Bulan, SPK Fuso Euro 4 Tembus 6.000 Unit Lebih

Fuso eCanterDOK. FUSO Fuso eCanter

Sebelumnya, eCanter yang masih prototipe cuma tersedia satu pilihan bodi, dengan box. Sedangkan di generasi terbaru, eAxle dari eCanter ini lebih kompak desainnya, jadi akan ada 28 varian yang dijual di Jepang dan sekitar 80 varian untuk pasar luar Jepang.

eCanter terbaru tersedia dalam varian GVW mulai dari 4 ton sampai 8 ton. Selain itu, ditawarkan juga box yang lebih lebar serta variasi wheelbase dari 2.500 mm sampai 4.750 mm.

Kemudian, generasi terbaru eCanter ini memakai baterai model modular, mulai dari satu sampai tiga baterai bisa dipasang, tergantung wheelbase. Untuk satu baterai, kapasitasnya 41 kWh bisa menempuh jarak sekitar 80 Km dari baterai penuh sampai habis.

Baca juga: Kesalahan Pengemudi Mobil Matik yang Bikin Transmisi Cepat Rusak

Fuso eCanterDOK. FUSO Fuso eCanter

Sedangkan untuk dua baterai, bisa menempuh 140 Km dan kalau pakai tiga baterai, jarak tempuhnya jadi 200 Km. Selain itu, disematkan juga fitur V2X di mana eCanter bisa jadi genset untuk menyuplai listrik ke rumah saat kondisi darurat.

Lalu, eCanter juga dapat upgrade di sisi pengemudi, yakni ada regenerative braking dengan empat setelan. Jadi ketika dioperasikan, eCanter bisa lebih hemat dalam penggunaan daya.

Selanjutnya, eCanter juga menerima fitur keselamatan yang lebih lengkap. Misalnya Active Sideguard Assist, mencegah tabrakan dengan obyek yang masuk ke sisi blind spot dari truk.

Lalu ada Active Brake Assist, sistem rem darurat saat pengemudi tidak awas dan mencegah menabrak obyek di depan. Selain itu juga ada Active Attention Assist yang mengawasi pengemudi apakah kelelahan atau tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.