Kompas.com - 07/09/2022, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Sportage sudah mendapatkan penyegaran beberapa waktu lalu. Tapi, sayangnya model terbaru ini justru bermasalah dan mengalami recall.

Dikutip dari Carbuzz.com, Rabu (7/9/2022), Kia Sportage yang dipasarkan di Amerika Serikat terpaksa dipanggil kembali. Permasalahannya dikabarkan ada di komponen kelistrikannya.

Baca juga: Kia Sportage Hadir di GIIAS 2022, Dijual Rp 735 Juta Inden 6 Bulan

Menurut Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional di Amerika, pada SUV kompak tersebut, baut yang ada di bagian alternator dapat terlepas dan menyebabkan kendaraan menjadi mogok saat dikendarai atau lebih parahnya lagi menyebabkan korsleting.

Kia SportageJanlika Putri Indah Sari Kia Sportage

Meskipun terkesannya masalah kecil, tapi dapat menyebabkan, kecelakaan. Khususnya, ketika mobil mengalami mogok saat berada di jalan tol atau di persimpangan.

Selain itu, kondisi ini juga berpotensi menyebabkan terjadinya korsleting yang dapat berakibat memicu terjadinya kebakaran.

Baca juga: Spesifikasi Kia Sportage Terbaru, Bertabur Fitur Canggih

Jadi, baut yang ada pada komponen kelistrikan tersebut diyakini tidak terpasang sesuai dengan torsi yang dibutuhkan. Sehingga, baut dapat mengendur dan terlepas.

Kia Sportage Adityo Wisnu Kia Sportage

Kia sudah melakukan recall terhadap Sportage yang dikabarkan mencapai 19.701 unit. Khususnya, mobil yang diproduksi pada 12 Januari 2021 hingga 8 Agustus 2021.

Untuk Indonesia sendiri, PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku APM Kia juga sudah memasarkan mobil ini. Sportage pertama kali diperkenalkan pada Jakarta Auto Week 2022. Tapi, baru diluncurkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dan dibanderol Rp 735 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.