Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suhu Panas di Indonesia, Ketahui Efek Buruk Dasbor Kena Panas Matahari

Kompas.com - 12/05/2022, 16:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia sedang dilanda suhu panas yang meningkat belakangan ini. Tentunya, kondisi ini dapat berdampak pada mobil.

Selain pada eksterior, bagian interior juga dapat berdampak buruk, khususnya bagian dasbor. Apalagi, jika dasbor sering kali terkena paparan sinar matahari langsung.

Baca juga: Setelan AC Mobil yang Pas Saat Suhu Panas di Indonesia Terjadi

Beberapa dampak yang dapat terjadi pada dasbor, antara lain material dasbor yang kusam hingga retak, lapisan kulit sintetis atau soft touch yang mulai getas, dan lainnya.

Panel dashboard lebih segar dengan AC digital.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Panel dashboard lebih segar dengan AC digital.

Untuk itu perlu melakukan perawatan guna mengantisipasi hal tersebut sampai terjadi. Tidak perlu harus mengandalkan salon mobil khusus, tapi cukup dengan cara-cara yang sederhana.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, untuk sektor dasbor yang penting diperhatikan adalah bagian atas. Sebab, bagian ini yang paling sering terpapar sinar matahari dari luar.

Baca juga: Suhu Panas Indonesia, Jangan Salah Pilih Kaca Film buat Mobil

"Untuk perawatan sederhananya bisa dengan cairan khusus yang sifatnya melindungi dari sinat UV, atau bila tidak ada bisa menggunakan pelembab kulit (body lotion) juga karena tidak banyak menggandung zat kimia. Cukup oleskan di area dasbor terutama yang sering kena sinar matahari," ujar Suparna, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Desain dasbor Nissan Terraautoindustriya.com Desain dasbor Nissan Terra

Setelah dioleskan, jangan lupa langsung dilap menggunakan bahan microfiber yang halus. Tujuannya, agar bekas lotion tadi tidak meninggalkan efek lengket yang nantinya justru bisa menjadi sarang bagi debu.

Selain itu, Suparna menganjurkan pemilik mobil untuk membersikan permukaan dasbor dan sudut-sudut tertentu lebih dulu sebelum memoles dengan cairan atau lotion.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com