Waspada Kompresor AC Mobil Rusak Tidak Bisa Diperbaiki

Kompas.com - 07/09/2022, 18:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kompresor AC merupakan komponen utama dalam sistem AC mobil. Dia berfungsi menyedot untuk memberi kevakuman pada pipa saluran tekanan rendah dan menekan freon pada pipa saluran tekanan tinggi.

Kompresor memegang peran penting sebab dia yang menentukan keberhaislan freon dalam berubah wujud dari cair ke gas begitu juga sebaliknya. Tanpa kompresor yang baik, maka AC tidak akan dingin.

Pemilik Abadi Teknik Spesialis AC Mobil Wahyu, mengatakan bila kompresor sudah rusak maka solusinya diganti, kecuali yang rusak hanya sealnya saja.

Baca juga: Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

“Kalau kompresor rusak sudah susah, bahkan tidak bisa diperbaiki, kecuali sealnya saja yang rusak, tapi kan biasanya pistonnya juga tergores kalau sampai kompresor rusak, itu solusi paling tepat melakukan penggantian,” ucap Wahyu kepada Kompas.com, Minggu (4/9/2022).

Dia mengatakan kompresor sebenarnya merupakan komponen yang awet jika selalu mendapatkan pelumasan yang teratur.

“Itu lah pentingnya oli kompresor, sebagai pelumas, sehingga kompresor mampu memberi tekanan dan kevakuman dengan baik dan awet,” ucap Wahyu.

Baca juga: Tanda-tanda Kondensor AC Mobil Minta Diganti

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

Dia juga mengatakan selain pelumasan yang kurang, freon yang berkurang juga bisa jadi penyebab kompresor rusak.

“Ketika freon kurang, itu kerja kompresor menjadi lebih berat karena akan bekerja terus selama suhu ideal tidak tercapai, jadi kompresor menjadi mudah rusak,” ucap Wahyu.

Dia juga menjelaskan kompresor yang mulai rusak ditandai dengan bunyi kasar di area kompresor. Bila tanda tersebut sudah muncul sebaiknya melakukan pemeriksaan untuk menentukan tindakan yang diperlukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.