Kompas.com - 08/08/2022, 16:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Kondensor merupakan komponen utama pada sistem AC mobil. Komponen ini berbentuk kotak seperti radiator, terdiri dari pipa-pipa pipih dan sirip-sirip terbuat dari bahan aluminium.

Komponen ini terletak di depan radiator, memanfaatkan pendinginan dari kipas radiator sehingga mampu mendinginkan freon berbentuk gas sehingga menjadi cair.

Komponen ini tidak perlu diganti secara berkala, hanya saja perlu dibersihkan agar kemampuannya dalam mendinginkan freon tetap optimal. Tapi, komponen ini bisa rusak dan perlu diganti pada masanya.

Baca juga: Apa Benar Kondensor Mobil Baru Lebih Mudah Rusak?

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Lantas, apa tanda-tanda kondensor sudah minta ganti?

Mekanik Senior Sinar AC Andi, mengatakan kondensor tidak perlu diganti bila tidak terjadi kerusakan seperti pampat atau bocor.

“Jika kondensor pampat atau bocor, maka kinerja AC menjadi tidak optimal, ditandai dengan AC kurang dingin, bisa juga dilihat secara visual apakah ada kebocoran atau tidak di sekitar kondensor,” ucap Andi kepada Kompas.com, Sabtu (6/8/2022).

Baca juga: Ketahui Fungsi Kondensor AC yang Ada di Mobil dan Cara Merawatnya

Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC.

Dia mengatakan kebocoran ditandai dengan basahan berwarna gelap, setelah itu perlu dilepas untuk dipastikan lagi benar bocor atau tidak dengan diberi tekanan udara.

“Jika ada gelembung-gelembung berarti kondensor bocor, bisa diperbaiki jika memungkinkan, tapi ada juga yang tidak bisa dan harus diganti,” ucap Andi.

Dia mengatakan letak kebocoran menentukan apakah kondensor bisa dilas atau tidak. Jika memungkinkan dilas, maka kemungkinan kondensor bisa diperbaiki.

Baca juga: Ini Ciri Kondensor AC Mobil yang Rusak

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

“Lebih baik sih diganti, biar maksimal, soalnya kalau diperbaiki kadang kebocorannya pindah, karena usia kondensor juga menentukan,” ucap Andi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.