Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Saat Parkir Mobil Posisi Ban Depan Harus Lurus?

Kompas.com - 07/09/2022, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Muncul anggapan di kalangan masyarakat bahwa saat melakukan parkir mobil kondisi ban depan harus lurus.

Apakah ini hanya masalah estetik atau juga ada pengaruh pada komponen mobil, belum diketahui pasti sebelumnya.

Untuk memastikannya, Kompas.com telah menghubungi pihak yang benar-benar kompeten di bidangnya.

Baca juga: Begini Tips Aman Parkir Mobil di Tanjakan

VW parkir di samping jalan PrambananErwin Setiawan VW parkir di samping jalan Prambanan

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo, mengatakan anggapan wajib meluruskan ban depan saat parkir itu hanya faktor kerapian saja, tidak berpengaruh pada komponen mobil.

“Jika dilihat dari prinsip kerja rack steer, baik yang menggunakan pompa maupun yang menggunakan motor EPS, tidak ada efek kerusakan jika parkir dalam kondisi kemudi belok, jadi tidak harus lurus juga, mungkin kurang rapi saja,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Dia mengatakan ketika mesin mati, maka pompa power steering tidak akan bekerja sehingga bila kemudi tidak lurus tidak akan mungkin bisa membuat komponen rack steer rusak.

Baca juga: Ini Bedanya Kendaraan Berhenti dan Parkir di Jalan Raya

Mobil terparkir di area basement parkir, posisinya ada yang paralel dan berjajarDicky Aditya Wijaya Mobil terparkir di area basement parkir, posisinya ada yang paralel dan berjajar

Hal yang sama juga diucapkan oleh Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim bahwa parkir mobil dengan roda tidak lurus tidak akan berpengaruh pada komponen mobil.

“Kemudi yang menggunakan motor electric power steering (EPS) menggunakan sensor gaya untuk memerintahkan motor bekerja, jadi walau pun roda berbelok sensor tersebut akan menunjukkan angka 0 selama tidak ada gaya yang memutar roda kemudi,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Dia juga mengatakan EPS tidak akan aktif selama mesin dalam kondisi mati, karena sistem sudah disesuaikan dengan power steering yang sebelumnya. Jadi, parkir mobil dalam kondisi roda berbelok tidak akan jadi masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com