Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tips Aman Parkir Mobil di Tanjakan

Kompas.com - 07/09/2022, 06:41 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memarkir mobil di jalan miring atau tanjakan bukan lah hal yang mudah. Butuh keahlian khusus agar kendaraan tetap dalam kondisi aman.

Selain harus aman, parkir mobil di jalan yang menanjak juga harus benar. Jika salah, maka bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mobil tersebut.

Lantas, bagaimana cara parkir yang aman dan benar di jalan menanjak?

Baca juga: Tips Merawat Eksterior Mobil, Jangan Sembarangan Parkir

Mobil retro di festival UMKM otomotif Otobursa Tumplek Blek, Parkir Timur Senayan, Sabtu (3/9/2022)KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil retro di festival UMKM otomotif Otobursa Tumplek Blek, Parkir Timur Senayan, Sabtu (3/9/2022)

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan parkir di jalan yang miring harus ekstra hati-hati, karena bagi orang yang tidak terbiasa akan terasa sulit.

“Pertama harus yakin, jangan panik, dengan demikian memarkir mobil di tanjakan menjadi lebih tersusun dan aman, usahakan memainkan pedal gasnya tetap lembut agar tidak terjadi kecelakaan saat memposisikan mobil,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Dia mengatakan bila sudah terposisi dengan baik, maka yang perlu diperhatikan adalah cara mengaktifkan rem parkir dan tuas transmisi, khususnya jika mobil tersebut matik.

Baca juga: Sering Pakai Rem Tangan Saat Parkir Bisa Bikin Macet?

Lahan parkir di Rest Area Gunung Mas Puncak.Kompas.com/Suhaiela Bahfein Lahan parkir di Rest Area Gunung Mas Puncak.

“Untuk mobil matik, pastikan sebelum memindahkan tuas transmisi ke P untuk menarik rem tangan terlebih dulu dengan kencang, agar kendaraan benar-benar berhenti,” ucap Ibrohim.

Dia menjelaskan pada mobil matik terdapat parking powel yang akan bekerja mengait roda agar terkunci. Namun, pengunciannya tidak presisi sehingga ada kemungkinan mobil tetap bisa dimaju-mundurkan sedikit.

“Jika rem tangan tidak kuat, parking powel ini bisa tertahan beban mobil yang maju atau mundur karena permukaan jalan, sehingga ketika mobil mau jalan, perpindahan tuas transmisi menjadi keras, itu bisa merusak mekanisme di dalamnya,” ucap Ibrohim.

Jadi, yang perlu diperhatikan saat parkir di permukaan yang menanjak adalah rem parkir harus diaktifkan terlebih dulu dengan kuat, agar mobil berhenti sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com