Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Resmi, Balapan MotoGP Bakal Berlangsung di Arab Saudi | Selisih Rp 900, Avanza dan Kawan-kawan Bisa Beralih ke Revvo 89

Kompas.com - 07/09/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sport dan Saudi Motorsport Company (SMC) resmi menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) untuk menggelar balapan MotoGP di Arab Saudi.

Kesepakatan antara Dorna Sports dan SMC dilakukan di sela-sela balapan Grand Prix San Marino di Sirkuit Misano, Italia, oleh HRH Pangeran Khalid Bin Sultan Al Abdullah Al-Faisal, Ketua Federasi Otomotif dan Sepeda Motor Saudi, dan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

Dengan begitu, Arab Saudi sudah dipastikan bakal menggelar ajang MotoGP di masa mendatang. Hanya saja, belum diketahui secara pasti kapan MotoGP Arab Saudi akan masuk kalender kejuaraan.

Baca juga: Tak Ada Valentino Rossi, Jumlah Penonton MotoGP San Marino Menurun

Kemudian, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, Pertalite dan Solar, sudah resmi ditetapkan.

Selain itu, pembeliannya juga akan dibatasi termasuk dengan kuota pembelian bagi tiap mobil. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebutkan bahwa BBM bersubsidi akan tetap dibatasi.

Dia menambahkan, sekarang Pertamina sedang menyiapkan sistem pengawasan pengaturan dengan digitalisasi.

Baca juga: Efek Mengoplos Revvo 89 Dengan Pertamax Turbo

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 6 September 2022 :

1.  Resmi, Balapan MotoGP Bakal Berlangsung di Arab Saudi

Dikutip dari laman MotoGP, Senin (5/9/2022), MotoGP telah ditonton lebih dari 800 juta orang, serta disiarkan langsung ke lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Penambahan Arab Saudi dalam kalender diharapkan memperluas balap Grand Prix lebih jauh di wilayah Timur Tengah.

Untuk saat ini, satu-satunya negara yang secara reguler berstatus sebagai tuan rumah MotoGP adalah Qatar, dengan perlombaan dilangsungkan di Sirkuit Internasional Losail sejak 2004 silam.

"Kami sangat senang untuk mengkonfirmasi penandatanganan nota kesepahaman dengan Dorna hari ini yang dengan jelas menguraikan tujuan bersama kami untuk membawa MotoGP ke Arab Saudi. Sangat masuk akal untuk menambahkan balap motor terbesar di dunia ke daftar acara balap kelas dunia kami yang terus bertambah,” ucap HRH Pangeran Khalid.

Baca juga: Resmi, Balapan MotoGP Bakal Berlangsung di Arab Saudi

2. Selisih Rp 900, Avanza dan Kawan-kawan Bisa Beralih ke Revvo 89

Test suspensi Toyota All New Avanza dan Veloz di Bali, 7-9 November 2021toyota Test suspensi Toyota All New Avanza dan Veloz di Bali, 7-9 November 2021

"Diharapkan dengan metode ini, mekanisme ini kita bisa lebih mempertajam ketepatan pemanfaatan BBM subsidi ini untuk yang membutuhkan," ujar Arifin di Istana Merdeka, Sabtu (3/9/2022).

Dengan kenaikan harga tersebut, banyak pemilik mobil sempat beralih menggunakan bensin dari Vivo, yakni Revvo 89. Sebab, jenis bensin tersebut sempat dibanderol lebih murah, yakni Rp 8.900 per liter.

Tapi, mulai Senin (5/9/2022), harganya sudah naik menjadi Rp 10.900 per liter. Selisihnya hanya Rp 900 dan karena bukan BBM bersubsidi, maka pembeliannya tidak akan dibatasi.

Baca juga: Selisih Rp 900, Avanza dan Kawan-kawan Bisa Beralih ke Revvo 89

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com