Kompas.com - 06/09/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sport dan Saudi Motorsport Company (SMC) resmi menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) untuk menggelar balapan MotoGP di Arab Saudi.

Kesepakatan antara Dorna Sports dan SMC dilakukan di sela-sela balapan Grand Prix San Marino di Sirkuit Misano, Italia, oleh HRH Pangeran Khalid Bin Sultan Al Abdullah Al-Faisal, Ketua Federasi Otomotif dan Sepeda Motor Saudi, dan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

Dengan begitu, Arab Saudi sudah dipastikan bakal menggelar ajang MotoGP di masa mendatang. Hanya saja, belum diketahui secara pasti kapan MotoGP Arab Saudi akan masuk kalender kejuaraan.

Baca juga: Nyaris Menang, Bastianini Senang Naik Podium Pakai Livery Spesial

Dikutip dari laman MotoGP, Senin (5/9/2022), MotoGP telah ditonton lebih dari 800 juta orang, serta disiarkan langsung ke lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Penambahan Arab Saudi dalam kalender diharapkan memperluas balap Grand Prix lebih jauh di wilayah Timur Tengah.

Untuk saat ini, satu-satunya negara yang secara reguler berstatus sebagai tuan rumah MotoGP adalah Qatar, dengan perlombaan dilangsungkan di Sirkuit Internasional Losail sejak 2004 silam.

"Kami sangat senang untuk mengkonfirmasi penandatanganan nota kesepahaman dengan Dorna hari ini yang dengan jelas menguraikan tujuan bersama kami untuk membawa MotoGP ke Arab Saudi. Sangat masuk akal untuk menambahkan balap motor terbesar di dunia ke daftar acara balap kelas dunia kami yang terus bertambah,” ucap HRH Pangeran Khalid.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Dorna untuk mewujudkan komitmen membawa puncak balap roda dua ke Arab Saudi dan untuk terus memberikan lebih banyak peluang dan inisiatif untuk memperkaya kehidupan penduduk kami,” lanjutnya.

Sementara itu, Carmelo Ezpeleta mengaku senang dengan peluang MotoGP menuju Arab Saudi. Menurutnya, banyak penggemar MotoGP di Arab Saudi serta memiliki pengalaman menggelar acara motorsport.

"Sebagai kejuaraan global terkemuka untuk balap sirkuit roda dua, kami sangat senang dengan kesempatan ini bagi MotoGP untuk memperluas jangkauannya di Timur Tengah dengan menambahkan Grand Prix tahunan di Arab Saudi,” katanya.

Baca juga: Servis di Bengkel Resmi, Ganti Komponen Wajib Persetujuan Pemilik Kendaraan

“Wilayah ini merupakan pasar utama untuk motorsport. Permintaan menggelar balapan di Arab Saudi begitu besar, bahkan 80 persen penggemar Saudi ingin melihat lebih banyak di balapan di negaranya,” lanjut Ezpeleta.

Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan dan di mana balapan GP Arab Saudi bakal digelar. Namun, GP Arab Saudi dikabarkan akan dilaksanakan di Sirkuit yang berada di Qiddiya, sebuah kota hiburan besar yang sedang dibangun di ibu kota Arab Saudi, Riyadh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.