Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Resmi, Balapan MotoGP Bakal Berlangsung di Arab Saudi | Selisih Rp 900, Avanza dan Kawan-kawan Bisa Beralih ke Revvo 89

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sport dan Saudi Motorsport Company (SMC) resmi menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) untuk menggelar balapan MotoGP di Arab Saudi.

Kesepakatan antara Dorna Sports dan SMC dilakukan di sela-sela balapan Grand Prix San Marino di Sirkuit Misano, Italia, oleh HRH Pangeran Khalid Bin Sultan Al Abdullah Al-Faisal, Ketua Federasi Otomotif dan Sepeda Motor Saudi, dan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

Dengan begitu, Arab Saudi sudah dipastikan bakal menggelar ajang MotoGP di masa mendatang. Hanya saja, belum diketahui secara pasti kapan MotoGP Arab Saudi akan masuk kalender kejuaraan.

Kemudian, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, Pertalite dan Solar, sudah resmi ditetapkan.

Selain itu, pembeliannya juga akan dibatasi termasuk dengan kuota pembelian bagi tiap mobil. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebutkan bahwa BBM bersubsidi akan tetap dibatasi.

Dia menambahkan, sekarang Pertamina sedang menyiapkan sistem pengawasan pengaturan dengan digitalisasi.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 6 September 2022 :

1.  Resmi, Balapan MotoGP Bakal Berlangsung di Arab Saudi

Dikutip dari laman MotoGP, Senin (5/9/2022), MotoGP telah ditonton lebih dari 800 juta orang, serta disiarkan langsung ke lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Penambahan Arab Saudi dalam kalender diharapkan memperluas balap Grand Prix lebih jauh di wilayah Timur Tengah.

Untuk saat ini, satu-satunya negara yang secara reguler berstatus sebagai tuan rumah MotoGP adalah Qatar, dengan perlombaan dilangsungkan di Sirkuit Internasional Losail sejak 2004 silam.

"Kami sangat senang untuk mengkonfirmasi penandatanganan nota kesepahaman dengan Dorna hari ini yang dengan jelas menguraikan tujuan bersama kami untuk membawa MotoGP ke Arab Saudi. Sangat masuk akal untuk menambahkan balap motor terbesar di dunia ke daftar acara balap kelas dunia kami yang terus bertambah,” ucap HRH Pangeran Khalid.

2. Selisih Rp 900, Avanza dan Kawan-kawan Bisa Beralih ke Revvo 89

"Diharapkan dengan metode ini, mekanisme ini kita bisa lebih mempertajam ketepatan pemanfaatan BBM subsidi ini untuk yang membutuhkan," ujar Arifin di Istana Merdeka, Sabtu (3/9/2022).

Dengan kenaikan harga tersebut, banyak pemilik mobil sempat beralih menggunakan bensin dari Vivo, yakni Revvo 89. Sebab, jenis bensin tersebut sempat dibanderol lebih murah, yakni Rp 8.900 per liter.

Tapi, mulai Senin (5/9/2022), harganya sudah naik menjadi Rp 10.900 per liter. Selisihnya hanya Rp 900 dan karena bukan BBM bersubsidi, maka pembeliannya tidak akan dibatasi.

3. Harga Vivo Ikutan Naik, Ini Daftar Harga BBM per September 2022

Seiring dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Solar, dan Pertamax, Minggu (3/9/2022), PT Vivo Energy Indonesia juga ikut melakukan penyesuaian harga jual produk BBM-nya.

Satu diantaranya, Revvo 89 (RON 89) yang dijual tanpa subsidi dengan harga Rp 8.900 per liter. Sehingga, sempat menjadikannya BBM termurah setelah Pertalite dijual Rp 10.000 per liter.

Namun, kondisi ini hanya bertahan dua hari setelah keputusan kenaikan tiba-tiba, Rabu (5/9/2022), Revvo 89 dijual Rp 10.900 per liter. Menjadikan Pertalite kembali jadi BBM termurah di Indonesia.

 

4. Daftar Harga Mobil Hybrid yang Dijual di Indonesia, mulai Rp 270 Jutaan

Era elektrifikasi menjadi salah satu alternatif kendaraan yang ramah lingkungan yang tidak memerlukan bensin sebagai bahan bakar utamanya. Mobil listrik juga terhindar dari dampak kenaikan harga BBM.

Namun selain mobil listrik dan konvensional, ada juga hybrid. Saat ini, sudah ada banyak produsen kendaraan roda empat yang meluncurkan mobil hybridnya untuk dipasarkan di Indonesia. 

Untuk diketahui, mobil hybrid menggunakan perpaduan dua sumber tenaga, yaitu mesin dan motor listrik. Dengan begitu, konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien atau lebih sedikit ketimbang mobil konvensional.

 

5. KIA Sonet X-Line Meluncur, Harga Rp 240 Jutaan

Belum lama ini KIA resmi meluncurkan varian terbaru dari Sonet yang diberi nama Sonet X-Line di India. Dikutip dari Autocarindia, Senin (6/9/2022), Sonet X-Line merupakan versi sporty dan paling mewah dari keluarga KIA Sonet.

Hal ini terlihat dari eksterior dan interior yang memiliki cukup banyak perbedaan jika dibandingkan dengan varian standarnya.

Paling utama adalah penggunaan cat Matte berwarna abu-abu yang menjadi satu-satunya opsi warna bodi dalam tipe ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/07/060200115/-populer-otomotif-resmi-balapan-motogp-bakal-berlangsung-di-arab-saudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke