Kompas.com - 05/09/2022, 15:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk kali pertama, MotoGP San Marino digelar tanpa Valentino Rossi. Setelah Rossi pensiun, terlihat jumlah penonton di Sirkuit Misano mengalami penurunan.

Dikutip dari Speedweek.com, Senin (5/9/2022), bahkan beberapa tribune tidak terisi dengan penuh. Khususnya, pada saat sesi latihan bebas Jumat dan Sabtu.

Baca juga: Marc Marquez Dipastikan Mengikuti Tes MotoGP di Misano

Tercatat jumlah penonton yang hadir pada Minggu hanya mencapai 56.981 orang. Jika ditotal dari Jumat hingga Minggu, jumlahnya hingga 101.140 orang.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)FILIPPO MONTEFORTE Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)

Sedangkan pada musim 2019, jumlah penonton mencapai 158.300 orang. Penurunan mungkin saja bukan hanya karena pensiunnya seorang Valentino Rossi, melainkan karena masih berstatus pandemi.

Luca Marini, adik Rossi, mengatakan, jumlah penonton di Misano tidak begitu buruk. Dia masih ingat situasi yang serupa di masa lalu ketika kakaknya masih balapan. Bahkan, menurut dia, lebih buruk di Mugello.

Baca juga: Klasemen MotoGP Usai GP San Marino, Bagnaia Terus Tempel Quartararo

"Menurut saya, ini masih awal, permulaan dari era baru untuk pebalap Italia. Vale sudah membuat kagum penonton selama bertahun-tahun, saat itu MotoGP di Italia masih bisa ditonton gratis di televisi," kata Marini.

Jack Miller saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)FILIPPO MONTEFORTE Jack Miller saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)

Pebalap Mooney VR46 Racing Team tersebut menambahkan, atas dasar alasan tersebut, Rossi bisa menjangkau banyak orang di Italia. Namun, menurut dia, ini semua hanya tinggal masalah waktu sampai penonton Italia memenuhi sirkuit.

"Semua pebalap Italia perlu berada di baris terdepan setiap seri dan mencoba untuk menang sebanyak mungkin. Kami butuh sebanyak mungkin juara. Lalu, Italia akan kembali penuh, tapi begitu pula di seluruh dunia," kata Marini.

Luca Marini saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022Dok. Mooney VR46 Racing Team Luca Marini saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022

Menurut dia, olahraga ini sudah semakin spektakuler dari waktu ke waktu. Balapan pada MotoGP San Marino mungkin saja membosankan bagi sebagian orang, tetapi kecepatannya luar biasa.

"Balapan tidak pernah seperti ini sebelumnya, khususnya tidak di Misano, balapan menjadi semakin sulit setiap tahun. Jadi, pertunjukannya sudah bagus, kita hanya perlu menunggu hingga kita bisa menyentuh hati semua penggemar. Dalam beberapa tahun lagi, semua tribune akan penuh," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.