Kompas.com - 06/09/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite, Solar, hingga Pertamax disinyalir akan berdampak inflasi pada berbagai sektor industri tak terkecuali otomotif.

Situasi tersebut seiring dengan adanya penyesuaian harga pada aktivitas maupun barang tertentu karena peningkatan biaya belanja BBM.

Dari sektor roda dua, imbas kenaikan BBM diprediksi akan langsung mempengaruhi banderol spare part, terutama untuk komponen fast moving yang memiliki masa habis pakai.

Baca juga: Cara Irit Mengendarai Mobil Matik di Tengah Kenaikan Harga BBM

Seorang petugas bengkel tengah mencari spare part di ruang penyimpanan yang ada di bengkel Astra Motor Central Jakarta, Selasa (4/9/2018). Kompas.com/Alsadad Rudi Seorang petugas bengkel tengah mencari spare part di ruang penyimpanan yang ada di bengkel Astra Motor Central Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Teuku Agha, Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales, mengatakan, naiknya harga BBM bakal berdampak pada harga komponen sepeda motor.

“Untuk sisi harga baik unit atau spare part pasti akan terjadi penyesuaian, karena ongkos kirim pasti akan naik karena harga BBM-nya,” ujar Agha, kepada Kompas.com, Senin (5/9/2022).

Meski begitu, kenaikan harga spare part motor diperkirakan tidak akan langsung terjadi. Karena stok komponen yang sudah ada di bengkel masih mengacu pada harga lama.

Baca juga: Sampai Besok, Transjakarta Tutup Sementara 13 Halte

Hari Budianto, Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), mengatakan, setidaknya butuh waktu beberapa bulan untuk mengetahui dampak kenaikan harga BBM terhadap banderol spare part.

“Ya itu tadi setiap perubahan ini kan pasti saling liat seberapa dampak, saling intip harga di pasar," ucap Hari, kepada Kompas.com (5/9/2022).

"Artinya akan butuh waktu untuk melihat perubahan di pasarnya, tidak serta merta langsung naik,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.