Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Bisa Beli Motor Baru buat Investasi?

Kompas.com - 05/09/2022, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli sepeda motor untuk dijadikan investasi mulai banyak dilakukan karena berharap harga jualnya terus naik. Tapi bisakah membeli motor baru dan berharap harganya terus melambung.

Motor baru bisa jadi investasi hanya saja memang perlu pembuktian, dan mengecek kebenarannya tidak mudah karena membutuhkan kejelian pemilik memilih motor, serta waktu yang tidak sebentar.

Baca juga: Banderol Skutik Bongsor per September 2022 Usai Harga BBM Naik

Indigo Auto membawa beragam jajaran sepeda motor koleksi di Otobursa Tumplek Blek 2022. Salah satu yang menyedot perhatian ialah motor ayam jago Honda Nova Dash produksi tahun 2001.KOMPAS.com/Gilang Indigo Auto membawa beragam jajaran sepeda motor koleksi di Otobursa Tumplek Blek 2022. Salah satu yang menyedot perhatian ialah motor ayam jago Honda Nova Dash produksi tahun 2001.

Tidak mutlak ada acuan apakah harga motor bakal meningkat, namun ada beberapa faktor yang bisa jadi parameter agar harga jual motor tidak turun.

Pertama, ialah jaga tingkat orisinalitas motor. Karena itu tak heran harga motor lawas yang melambung tinggi ialah motor yang belum dipakai salam sekali atau istilahnya new old stock (NOS) dan kemudian motor original.

"Menurut saya masih model bawaan pabrik. Karena kalau motor kustom sangat subjektif," kata Bambang atau yang akrab disapa Om Beng, pendiri Indonesia Vespa Days kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ada Pengecatan Marka Jalan, Awas Macet Tol Cipularang dan Padaleunyi

Suzuki Katana Model 2022RESPONSE.jp Suzuki Katana Model 2022

Kedua jika ingin berinvestasi, pilih motor baru yang populasinya tidak terlalu banyak tapi ramai peminatnya. Hal ini akan membuat permintaan tinggi tapi stok yang ada terbatas.

Selanjutnya, pilih motor-motor generasi pertama yang didatangkan secara impor atau Completely Bulit Up (CBU). Contohnya yaitu Honda PCX150 lawas dari Thailand yang sampai sekarang harganya masih mahal.

Atau seperti yang ada di Otobursa Tumplek Blek 2022, pedagang "menggoreng" motor ayam jago alias ayago Honda Nova Dash RS 125 dengan harga Rp 165 juta.

Baca juga: Daftar 25 Titik Jalan di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

Ilustrasi Kawasaki Ninja R 150 warna kuningKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Kawasaki Ninja R 150 warna kuning

Keempat, motor yang bisa dijadikan investasi ialah motor yang memiliki model special edition seperti edisi ulang tahun atau edisi terbatas. Model seperti ini sering diburu karena punya nilai sentimentil atau fitur khusus yang tidak ada di varian standar.

Kelima, motor yang punya sejarah atau sudah diproduksi dalam jangka waktu lama seperti Honda Monkey. Pertimbangan lain yaitu membeli motor yang diyakini bakal punya basis komunitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com