Deretan Motor 2 Tak yang Makin Mahal, Tembus Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 05/09/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor punya nilai pakai di mana makin lama harganya makin jatuh. Tapi nyatanya tidak semua demikian, motor-motor 2-tak justru punya harga jual tinggi.

Pada Otobursa Tumplek Blek 2022, beberapa pedagang melabeli motor dengan harga mahal, bahkan bisa jadi lebih mahal dari pada harga baru saat motor itu meluncur dari dealer.

Baca juga: Hasil GP San Marino, Bagnaia Juara, Bastianini Nyaris Curi Podium

Ada beberapa faktor yang bisa menaikkan harga motor. Pertama, yakni motor yang populasinya tidak terlalu banyak tapi ramai peminatnya. Kedua, motor-motor yang didatangkan secara impor atau Completely Bulit Up (CBU).

Indigo Auto membawa beragam jajaran sepeda motor koleksi di Otobursa Tumplek Blek 2022. Salah satu yang menyedot perhatian ialah motor ayam jago Honda Nova Dash produksi tahun 2001.KOMPAS.com/Gilang Indigo Auto membawa beragam jajaran sepeda motor koleksi di Otobursa Tumplek Blek 2022. Salah satu yang menyedot perhatian ialah motor ayam jago Honda Nova Dash produksi tahun 2001.

Contoh ialah Honda Nova Dash RS 125 yang dibawa Indigo Auto di Tumplek Blek 2022, motor "ayam jago" produksi tahun 2001 itu dibanderol fantastis seharga Rp 165 juta.

"Ini Nova Dash 2001, harganya Rp 165 juta, full papper. Sampai ke brosurnya masih ada," kata salah satu penjaga stand Indigo Auto yang ditemui Kompas.com akhir pekan lalu.

Kemudian ada barisan RX-King yang juga makin mahal. Harga motor 2-tak yang sudah disqontinue sejak 2009 lalu itu terus melambung bahkan untuk kelas restorasi.

RX-King warna Gold lansiran tahun 2002 restorasi, buka harga Rp 55 juta. RX-King Gold itu diklaim merupakan motor rawatan yang sengaja disimpan oleh pemiliknya. Odometer berada di kisaran 4.000 Km.

Baca juga: Aprilia RSV4 Ganti Jubah Jadi Motor 2-Tak Jadul

Yamaha RX-King Gold tahun 2022 di Tumplek Blek 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha RX-King Gold tahun 2022 di Tumplek Blek 2022

Kemudian RX-King 20th Anniversary keluaran 2003, buka harga Rp 62,5 juta. Motor full restorasi dengan spare part original.

Lalu Kawasaki Ninja 150 warna kuning juga salah satu motor dengan harga mahal. Populasi Ninja warna kuning tek terlalu banyak dibandingkan warna lain sehingga harganya terus naik.

Novri Firdaus, penjaga stan Piston Clinic di Tumplek Blek 2022 mengatakan, Ninja SS warna kuning tahun 2013, hasil restorasi dibanderol Rp 45 juta. Kemudian Ninja SS warna kuning 2013 original seharga Rp 42,5 juta.

Berbeda dengan Ninja R warna putih tahun 2013 original yang masih dijual Rp 24 juta.

“Satu lagi juga Ninja SS warna kuning 2013 masih orisinil semua, harganya Rp 42,5 juta, kondisinya memang tidak semulus yang restorasi," kata Novri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.