Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siapkan Dana Segini untuk Remap ECU Mobil

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi mobil tidak hanya pada sektor tampilan saja, tapi pemilik bisa melakukan modifikasi hingga sampai pada mengubah spesifikasi mesin, mulai dari menambah kapasitas mesin, menambah komponen penunjang tenaga dan lain sebagainya.

Remap ECU juga kerap dijadikan alternatif modifikasi dalam hal menaikkan tenaga mesin. Pasalnya, biaya yang dibutuhkan tentu saja jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan mengubah spesifikasi mesin.

Remap ECU artinya mengubah perangkat lunaknya saja. Dengan biaya yang kecil, harapannya akselerasi mobil menjadi lebih bertenaga.

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan Datsun Hardi Wibowo, mengatakan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan remap ECU cukup beragam, tergantung dari harga ECU mobil tersebut.

“Iya, harganya mulai Rp 1,5 juta sampai Rp 2,5 juta, atau lebih tepatnya tergantung dengan harga ECU mobil tersebut, karena melakukan remap ECU itu berisiko, bisa gagal transfer data dan sejenisnya,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Kamis (1/9/2022).

Dia mengatakan risiko gagal dalam proses remap sudah tercover oleh biaya dalam melakukan remap, sehingga bagi pemilik akan merasa lebih aman.

Dia juga mengatakan, selama proses yang dilakukan itu tepat, maka hasil yang akan diperoleh tentu saja akan sangat memuaskan jika dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan.

“Dengan biaya tersebut, mesin menjadi terasa lebih bertenaga, tarikan enteng, batasan putaran mesin bisa dibuat lebih panjang, dan hal-hal yang tidak bisa dimiliki oleh mobil-mobil setelan pabrik,” ucap Hardi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/02/161200915/siapkan-dana-segini-untuk-remap-ecu-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke