Kompas.com - 02/09/2022, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada bodi bus baru buatan Karoseri Laksana yakni Legacy SR3 Ultimate yang dipamerkan di GIIAS 2022, ada beberapa opsi yang dipasang. Contoh opsi yang dipasang adalah power window di kaca pengemudi.

Umumnya, bus menggunakan kaca geser di sisi pintu pengemudi dan penumpang depan. Fungsinya adalah sebagai akses pengemudi mengeluarkan tangan untuk bayar tol atau sebagainya.

Digunakan model geser karena mekanismenya mudah dan minim perawatan. Namun berbeda dengan apa yang ditawarkan Karoseri Laksana, yakni power window yang geraknya naik dan turun.

Baca juga: Sinar Jaya Tambah Empat Bus Baru Buatan Adiputro, Pakai Bodi MHD

Bus AKAP baru PO JRGDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO JRG

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, opsi tersebut memang dihadirkan agar bus juga mengikuti mobil penumpang dalam hal fasilitas atau fiturnya.

"Kami berpikir bahwa bus juga bisa seperti mobil penumpang untuk fasilitasnya. Mekanismenya ya seperti sistem electric power window," ucap Werry kepada Kompas.com, Jumat (2/9/2022).

Jadi kalau dilihat dari luar, model kaca samping sisi pengemudi bentuknya terbagi dua. Kaca bagian bawah bisa dibuka, sedangkan yang atas modelnya fixed atau tetap.

Baca juga: Pengemudi Mobil Ngamuk Ditegur karena Merokok


Ketika redaksi tanya, bagaimana respons dari operator mengenai opsi tersebut, Werry mengatakan kalau sebenarnya power window masih tahap desain awal. Jadi baru PO SAN saja yang menggunakan opsi kaca elektrik ini.

"Itu masih tahap desain awal sebenarnya. Tapi kalau ada operator yang minta, bisa kita buatkan," kata Werry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.