Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Laksana Bikin Power Window buat Bus, Layaknya Mobil Penumpang

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada bodi bus baru buatan Karoseri Laksana yakni Legacy SR3 Ultimate yang dipamerkan di GIIAS 2022, ada beberapa opsi yang dipasang. Contoh opsi yang dipasang adalah power window di kaca pengemudi.

Umumnya, bus menggunakan kaca geser di sisi pintu pengemudi dan penumpang depan. Fungsinya adalah sebagai akses pengemudi mengeluarkan tangan untuk bayar tol atau sebagainya.

Digunakan model geser karena mekanismenya mudah dan minim perawatan. Namun berbeda dengan apa yang ditawarkan Karoseri Laksana, yakni power window yang geraknya naik dan turun.

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, opsi tersebut memang dihadirkan agar bus juga mengikuti mobil penumpang dalam hal fasilitas atau fiturnya.

"Kami berpikir bahwa bus juga bisa seperti mobil penumpang untuk fasilitasnya. Mekanismenya ya seperti sistem electric power window," ucap Werry kepada Kompas.com, Jumat (2/9/2022).

Jadi kalau dilihat dari luar, model kaca samping sisi pengemudi bentuknya terbagi dua. Kaca bagian bawah bisa dibuka, sedangkan yang atas modelnya fixed atau tetap.

Ketika redaksi tanya, bagaimana respons dari operator mengenai opsi tersebut, Werry mengatakan kalau sebenarnya power window masih tahap desain awal. Jadi baru PO SAN saja yang menggunakan opsi kaca elektrik ini.

"Itu masih tahap desain awal sebenarnya. Tapi kalau ada operator yang minta, bisa kita buatkan," kata Werry.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/02/144100715/laksana-bikin-power-window-buat-bus-layaknya-mobil-penumpang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke