Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Pertalite Tanpa Subsidi, Lebih Mahal dari Pertamax

Kompas.com - 01/09/2022, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Pada awal September 2022, PT Pertamina (Persero) lakukan penyesuaian harga pada produk BBM Non Subsidi, yakni Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Sedangkan untuk BBM subsidi seperti Pertalite dan Biosolar, harga jualnya masih sama dengan bulan lalu. Pertalite dibanderol Rp 7.650 per liter dan Biosolar harga jualnya di Rp 5.150 per liter.

Ketika redaksi mengunjungi salah satu SPBU di Bogor, tepatnya SPBU 31.161.13 di Jl. Tentara Pelajar, tertera besaran subsidi untuk BBM jenis Pertalite dan Biosolar di LED Running Text.

Baca juga: Klasifikasi Pembeli BBM Pertalite Sudah Rampung, Tunggu Diteken Jokowi

Harga BBM Pertamina September 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Harga BBM Pertamina September 2022

Tertulis, Subsidi Bulan Juli 2022, Biosolar Rp 10.500 per liter dan Pertalite Rp 8.100 per liter. Jadi jika dijumlahkan, akan didapatkan harga Pertalite dan Biosolar tanpa subsidi.

Redaksi pun mencoba mengonfirmasi informasi tersebut ke Irto Ginting, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga. Dia mengatakan kalau informasi tersebut memang nilai subsidi yang diberikan per liternya.

"Itu nilai subsidi setiap liternya. Kalau dijumlahkan, kurang lebih mendekati harga aslinya yang belum disubsidi," ucap Irto kepada Kompas.com, kamis (1/9/2022).

Baca juga: Kena Macet karena Jalan Dipenuhi Lumpur Galian PLN, Pasha Ungu Protes


Jadi jika dijumlahkan, harga jual Pertalite tanpa subsidi sekitar Rp 15.750 per liter. Sedangkan Biosolar, harga per liter tanpa subsidi ada di angka Rp 15.650.

Uniknya, bisa dilihat kalau harga Pertalite tanpa subsidi lebih tinggi daripada Pertamax yang dijual Rp 12.500 per liter. Sedangkan kalau dibandingkan dengan Pertamax Turbo, masih lebih murah dengan selisih Rp 150 per liter saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com