Kena Macet karena Jalan Dipenuhi Lumpur Galian PLN, Pasha Ungu Protes

Kompas.com - 31/08/2022, 13:32 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Para pengguna kendaraan bermotor, tertutama pengendara sepeda motor sedianya berhati-hati dan waspada saat melintas di Jalan Raya Gandul, Cinere, Depok, Jawa Barat.

Sebab, terdapat banyak ceceran tanah di tengah ruas jalan lantaran adanya proyek galian, sehingga menjadikan jalan licin dan pengendara motor rawan tergelincir.

Rekaman yang memperlihatkan kondisi jalan tersebut juga viral di media sosial. Salah satu akun yang mengunggah peristiwa itu bernama @infodepok_id.

Baca juga: Menhub Dorong Kerja Sama dengan Hongaria soal Proving Ground di Bekasi

Dalam rekaman itu bahkan terlihat mantan Wakil Walikota Palu, Sulawesi Tengah, Sigit Purnomo Syamsuddin atau yang lebih dikenal dengan Pasha Ungu terlihat protes lantaran kondisi jalan yang macet akibat banyaknya tanah yang berceceran di jalan akibat galian tersebut.

Mana orangnya, ini harus dikasih tahu. Maksud saya solusinya tidak begini juga. Sekarang sini macet sana macet,” ucap Pasha kepada salah satu pria dalam video tersebut.

Berdasarkan keterangan salah satu warga berinisial ARL, proyek galian tersebut sudah dilakukan dalam beberapa pekan terakhir. Namun, untuk genangan lumpur yang meluap terjadi sejak dua hari yang lalu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Depok (@infodepok_id)

“Kejadian di video itu terjadi pagi hari, pada saat jam sibuk. Dampaknya akses jalan menjadi terganggu dan kendaraan roda dua dialihkan lewat gang. Bahkan ada beberapa motor yang tergelincir saat melewati jalan tersebut,” ucap ARL, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (31/8/2022).

Saat dikonfirmasi, ARL mengaku jalan tersebut saat ini sedang sudah ditangani dan dibersihkan oleh pihak PT PLN (Persero).

Sementara itu, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahan mengatakan, saat berkendara di jalan dengan permukaan licin, harus ekstra berhati-hati.

“Ketika berkendara yang paling penting adalah pandangan mata kita harus melihat jauh ke depan, agar kita dapat dengan cepat mengantisipasi setiap potensi bahaya yang datang atau akan kita lewati,” ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: Telat Ganti Oli Mesin Bisa Bikin VVT-i Bermasalah

Agus melanjutkan, saat pengendara melihat adanya potensi bahaya seperti adanya jalan licin di depan, maka pengemudi harus segera mengurangi kecepatan.

“Di saat kita melalui jalan tersebut, penggunaan rem depan harus dikurangi penekanannya, karena penggunaan rem depan yang berlebihan dapat membuat roda depan selip sehingga membuat motor tergelincir bahkan terjatuh,” kata Agus.

“Jadi saat melewati jalan licin sebaiknya kontrol kecepatan, keseimbangan dan gunakan rem belakang agar motor tetap stabil,” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.