Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Covid-19 dan Krisis Cip, Produksi Kendaraan Toyota Turun secara Global

Kompas.com - 01/09/2022, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Crop mengumumkan penurunan produksi kendaraannya secara global sebesar 8,6 persen year on year (yoy).

Dilandir dari laman Inquirer.net, Kamis (1/9/2022), penurunan produksi kendaraan ini disebabkan oleh wabah Covid-19, cuaca buruk di Jepang, serta kendala pasokan cip semikonduktor yang secara terus-menerus mengganggu produksi.

Berdasarkan data penjualan, pada bulan Juli Toyota hanya mampu memproduksi 706.547 unit kendaraan. Jumlah tersebut tidak memenuhi target yang sebelumnya berada di angka 800.000 unit.

Baca juga: Ini Lokasi Alat Deteksi Truk ODOL di Jalan Tol

Sementara itu, produksi dalam empat bulan pertama tahun fiskal berjalan yang dimulai pada bulan April telah turun sebanyak 10,3 persen dari rencana awal.

Produsen otomotif Jepang itu juga menyampaikan bahwa produksi dalam negeri telah jatuh 28,2 persen, melebihi rekor produksi luar negeri pada bulan lalu.

Sementara untuk di luar negeri mengalami kenaikan 4,5 persen, di dorong pemulihan yang kuat di Eropa, China dan seluruh Asia.

All New Toyota Camry All New Toyota Camry

Namun, adanya pelemahan yang berkelanjutan dalam kinerja akhir-akhir ini menimbulkan kekhawatiran bagi Toyota. Pasalnya, pihak Toyota telah menargetkan produksi tahunan sebesar 9,7 juta kendaraan.

Untuk itu, Toyota mengatakan bahwa pihaknya akan mempertahankan target produksi tahunan hingga November. Diperkirakan produksi September akan pulih menjadi sekitar 850.000 kendaraan.

“Pada Agustus tahun ini, Toyota berencana untuk memproduksi sekitar 700.000 kendaraan, dan mengingat produksinya sekitar 530.000 pada Agustus tahun lalu, saya pikir situasinya mulai membaik,” kata Seiji Sugiura, analis senior di Tokai Tokyo Research Institute.

Baca juga: Boleh Pakai Pertalite, Hyundai Jamin Garansi Stargazer Tak Gugur

“Dalam hal pemulihan dari situasi di paruh pertama tahun ini, saya percaya bahwa pada paruh kedua, perusahaan mungkin akan menetapkan tingkat produksi bulanan pada 800.000 atau 850.000 unit per bulan. Jika produksi melebihi 800.000 unit dalam satu bulan, itu akan menjadi rekor,” lanjutnya.

Sebagai informasi, untuk pasar global Toyota telah memproduksi beberapa model, diantaranya Land Cruiser, Alphard, hingga Toyota Camry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.