Kompas.com - 01/09/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang mau melakukan wisata ke Sumatera Utara khususnya Danau Toba, kini ada DAMRI yang siap melayani.

DAMRI terus memperluas jaringan transportasi darat dan kini hadir di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara.

Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri mengatakan, potensi yang ada di KSPN memiliki fungsi vital, salah satunya adalah menggerakkan pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitar lokasi danau.

Baca juga: Bus Kuning UI Dioperasikan DAMRI, Beroperasi sampai Pukul 22.00 WIB

Foto: Salah satu lokasi Ruang Terbuka Publik (RTP) di Kelurahan Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa  (3/5/2022). KOMPAS.COM/TEGUH PRIBADI Foto: Salah satu lokasi Ruang Terbuka Publik (RTP) di Kelurahan Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa  (3/5/2022). 

Selain dikenal dengan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

“DAMRI bersinergi bersama pemerintah untuk mendukung KSPN di sana. Armada kami siap untuk mengantarkan para wisatawan menikmati keindahan Danau Toba,” ucap Fikri dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Rabu (31/8/2022).

Berikut ini beberapa rute yang dilayani Angkutan KSPN DAMRI di area Danau Toba:
1. Bandara Silangit - Ajibata (via Sibisa/Kaldera), dengan tarif Rp 15.000;
2. Bandara Silangit - Tarutung, dengan tarif Rp 10.000;
3. Ajibata - Pematang Siantar, dengan tarif Rp 15.000;
4. Loop Pulau Samosir, dengan tarif Rp 20.000.

Baca juga: Harga Pertalite dan Solar Diisukan Naik, Pendaftarnya Tembus 1 Juta Kendaraan


Tarifnya yang relatif terjangkau ini tidak membuat DAMRI lalai menyediakan fasilitas pelayanan dan protokol kesehatan. Konsistensi DAMRI dalam menjalankan operasional bus sehat dibuktikan dengan pramudi dan petugas yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Kemudian, DAMRI juga memberikan pelayanan yang mengutamakan prosedur operasi standar (standard operating procedure/SOP) 5K, yaitu Keselamatan, Kesehatan, Keamanan, Ketepatan, dan Kenyamanan penumpang dan pramudi.

Kehadiran trayek tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk masyarakat melakukan perjalanan wisata menuju Danau Toba menjadi lebih mudah, aman, nyaman, dan terjangkau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.