70 Fasilitas SPKLU Ultra Fast Charging Disiapkan untuk KTT G20

Kompas.com - 31/08/2022, 15:12 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN dilaporkan telah menyiapkan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah titik untuk menyambut gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali.

Disebutkan, sedikitnya ada 70 unit SPKLU berstandar ultra fast charging yang tersedia, dengan empat diantaranya berstatus cadangan. Sehingga diharapkan penggunaan kendaraan listrik bisa lancar dan optimal.

"Untuk kesiapan (infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik) kami pasang 66 unit ultra fast charging," kata Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan tertulis, Selasa (30/8/2022).

Baca juga: Kena Macet karena Jalan Dipenuhi Lumpur Galian PLN, Pasha Ungu Protes

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area gerbang masuk pintu 3 Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022)KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area gerbang masuk pintu 3 Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022)
 

Lebih lanjut dirinya mengatakan, 66 unit SPKLU ultra fast charging itu memiliki kapasitas 200 kW. Nantinya sejumlah unit tersebut bakal terpasang di Central Park ITDC Nusa Dua dan di depan The Apurva Kempinski Bali.

Selain itu, ada juga 24 unit SPKLU berkapasitas 120 kW yang disediakan oleh Toyota. Lalu terdapat pula 200 unit pengisian home charging yang proses pemasangannya saat ini sudah mencapai 94,5 persen.

Dengan kata lain, sudah ada 140 unit home charging yang terpasang untuk menyambut gelaran KTT G20 di Bali. Home charging itu ditargetkan bakal rampung pada akhir September 2022 mendatang.

Baca juga: Ingat Lagi Jenis Pelanggaran Tilang Elektronik dan Dendanya

Adapun 200 unit home charging itu bakal tersedia di Hotal Nusa Dua Beach (10 unit), Hottel Grand Hyatt (11 unit), Hitel Hilton (10 unit), Hotel St. Regis (16 unit), dan The Ritz Carlton (25 unit).

Sementara unit lainnya juga disebar di beberapa titik, yakni Hotel Samabe (13 unit), area parkir sekitar BNDCC (60 unit), Hotel The Laguna (15 unit), The Westin Resort (28 unit) dan Hotel Merusaka (12 unit).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.