Cerita PO Sudiro Tungga Jaya, Modal 2 Bus Sampai Punya Ratusan Armada

Kompas.com - 31/08/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Sudiro Tungga Jaya (STJ) memang belum terlalu lama beroperasi di Indonesia. Namun kalau soal terkenal, PO satu ini bisa dibilang paling sering terdengar namanya beberapa tahun terakhir.

Bicara soal sejarahnya PO STJ, Karoseri Laksana mengunggah video di Youtube yang berisi wawancara dengan pemilik PO STJ yakni Ki Agus M. Syidik. Pada talk show tersebut, diceritakan bagaimana awal PO STJ lahir.

"Waktu itu usia 22 tahun, tahun 2014. Awalnya dari hobi, hobi naik bus. Waktu itu sih inginnya jadi driver bus," kata Agus dikutip dari video Youtube Laksana, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: Bus Baru PO Ramayana, 2 Unit AKAP Pakai Bodi Jetbus HDD

Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga JayaDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya

Namun keinginan Agus untuk jadi pengemudi bus tidak direstui oleh orang tua. Oleh karena itu, untuk memenuhi hobinya yang senang dengan bus, orang tuanya memberi Agus modal untuk memulai usaha.

"Dikasih modal untuk usaha bus, Alhamdulillah. Big bus dua, medium bus dua, sama prestigo seperti Elf dua. Ingat saya dikasih modal Rp 2,5 miliar, silahkan untuk melanjutkan, Alhamdulillah jadi sekarang," ucap Agus.

Agus menceritakan, setelah punya dua unit bus besar, setiap bulannya rutin keluar unit baru dari karoseri. Sehingga jumlah armada miliknya terus bertambah sampai sekarang.

Baca juga: Harga Pertalite dan Solar Diisukan Naik, Pendaftarnya Tembus 1 Juta Kendaraan


Sebelum jadi STJ, Agus merintis usaha bus Pariwisata dengan nama Agam tungga Jaya. Setelah itu baru di 2017 mengembangkan ke bus AKAP dengan nama Sudiro Tungga Jaya.

"Sampai hari ini sudah 8 tahun. Yang bikin berbeda PO STJ dengan yang lain, netizennya banyak. Kedua, kecepatan yang menjadi pembeda, tapi kadang banyak yang bicara STJ itu ngawur, mungkin terlalu kencang. Kita berjalan waktu, harus berbenah," ucapnya.

Penyerahan 25 unit sasis bus OH 1526 dari Hartono Raya Motor ke PO STJ dan ke Karoseri LaksanaDOK. LAKSANABUS Penyerahan 25 unit sasis bus OH 1526 dari Hartono Raya Motor ke PO STJ dan ke Karoseri Laksana

Agus juga berjanji untuk terus berbenah demi meningkatkan kenyamanan dan keselamatan dari penumpangnya. Bisa dibilang saat ini PO STJ jadi salah satu operator besar di Indonesia.

Bahkan, akhir-akhir ini pun STJ sedang membuat 25 bus di Karoseri Laksana. Kabarnya, semua unit tadi memakai bodi terbaru, yakni Legacy SR3 yang tampilannya lebih agresif dari generasi sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.