Kompas.com - 30/08/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi salah satu syarat yang wajib dimiliki oleh pengemudi kendaraan bermotor.

Jika SIM hilang, ada prosedur yang harus dilakukan oleh pemilik SIM agar bisa memperoleh kembali SIMnya.

Pengemudi kendaraan bermotor yang tidak membawa SIM saat berkendara bisa dikenakan hukum denda dan tilang. Ketentuan ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Baca juga: Catat, Ini Syarat Bikin SIM Baru

Prosedur mengurus SIM hilang diatur dalam Pasal 255 PP Nomor 4 Tahun 1993. Pemohon bisa mendatangi pelaksana penerbitan SIM terdekat.

Persyaratan penerbitan SIM yang hilang pada dasarnya sama dengan persyaratan perpanjangan SIM; tidak ada tes teori ataupun praktik.

Namun, ada tambahan laporan kehilangan dari kepolisian dan KTP asli, sesuai dengan Pasal 9 ayat 3 huruf B Perpol Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penerbitan dan Penandaan SIM.

Ilustrasi SIM A dan SIM C. Untuk pembuatan SIM baru, pengendara harus menyiapkan biaya pembuatan SIM C, SIM A, SIM B, atau SIM D. Pasalnya, biaya bikin SIM C berbeda dengan jenis SIM lainnya.KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Ilustrasi SIM A dan SIM C. Untuk pembuatan SIM baru, pengendara harus menyiapkan biaya pembuatan SIM C, SIM A, SIM B, atau SIM D. Pasalnya, biaya bikin SIM C berbeda dengan jenis SIM lainnya.

Baca juga: Harga Honda Jazz Bekas Lebih Mahal daripada Brio Baru

Kemudian, ada pemeriksaan data SIM yang hilang di arsip. Terpenting, data SIM yang hilang masih ada, serta masa berlaku SIM belum habis.

Sedangkan biaya yang harus dibayarkan sama dengan perpanjangan SIM, sesuai dengan jenis SIM yang diajukan. Peraturan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016.

Biaya yang harus disiapkan adalah Rp 80.000 untuk SIM A dan SIM B serta Rp 75.000 untuk SIM C. Sementara untuk SIM D dikenakan biaya sebesar Rp 30.000. Kemudian, masih ada tambahan biaya asuransi dan biaya kesehatan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.