Banyak Aksi Brutal di Jalan, Pentingnya Dashcam Jadi Alat Bukti

Kompas.com - 27/08/2022, 15:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini video viral memperlihatkan pria memukuli wanita di sebuah SPBU di Palembang, Sumatera Selatan. Pelakunya Anggota DPRD Kota Palembang, M Syukri Zen.

Usai video viral, Syukri dipecat sebagai kader Partai Gerindra. Buntutnya kemudian dia akan lengser dari jabatan saat ini yaitu anggota DPRD karena dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW).

Tak selang lama dari kejadian Syukri, di Jakarta, terjadi pemukulan yang dilakukan pengendara mobil pribadi terhadap sopir TransJakarta di Jalan Raya TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Baca juga: Marak Aksi Pengemudi Emosi di Jalan Akhir-akhir Ini

Ilustrasi naik motor di malam haripixabay/Skitterphoto Ilustrasi naik motor di malam hari

Kejadian tersebut juga viral karena rekaman video menyebar. Pengemudi mobil Honda Mobilio marah dan menampar sopir bus TransJakarta ditengarai akibat "sodok-sodokan" di jalan.

Kasi Kecelakaan Lalulintas (Laka Lantas) Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, Kompol Edy Purwanto, mengatakan, kejadian itu murni penganiayaan tak ada kecelakaan lalu-lintas.

Dashcam

Satu garis besar dari kedua kejadian di atas ialah adanya rekaman sebagai alat bukti.

Saat berkendara bisa terjadi kecelakaan atau modus penipuan dapat merugikan pengemudi yang tidak bersalah. Kurangnya bukti bisa membuat pengemudi kesusahan untuk melapor ke pihak berwajib.

Berkaca pada banyak kejadian seperti itu, Training Director The Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting mengatakan bahwa penggunaan dashcam atau alat perekam sangatlah penting.

Peristiwa tabrak lari mobil vs motor di Overpass Manahan, Solo, Jawa Tengah, terekam CCTV. pelaku melarikan diri sementara korban tewas. Instagram Peristiwa tabrak lari mobil vs motor di Overpass Manahan, Solo, Jawa Tengah, terekam CCTV. pelaku melarikan diri sementara korban tewas.

"Penggunaan dashcam memang sangat penting sebagai bukti otentik tentang kondisi yang terjadi," kata Roslianna pada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Marak Aksi Pengemudi Emosi di Jalan Akhir-akhir Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.