Kompas.com - 26/08/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu indikator yang menandakan mesin mobil sehat atau tidak, bisa dipantau dari sistem pembakaran.

Cara cukup mudah, yakni melalui asap yang keluar dari lubang knalpot. Bila terasa pedih di mata menandakan adanya masalah pada pembakaran mesin. 

Foreman Astra Daihatsu Majapahit Semarang Bambang Tri Widayat mengatakan, asap pedih di mata berarti perbandingan bahan bakar dan udara tidak normal. 

Untuk itu, ada beberapa komponen yang wajib diperhatikan, yaitu:

Baca juga: Berikut Prosedur Pengecekan Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Mekanik Astra Daihatsu Motor Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikanDicky Aditya Wijaya Mekanik Astra Daihatsu Motor Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan

Kerak karbon yang terlalu banyak pada ujung elektroda busi bukan cuma berimbas konsumsi BBM boros, tapi berdampak pada pembakaran yang tidak sempurna, bahkan sampai ke catalytic converter. 

"(karena) Elektroda busi yang terlalu kotor atau gap celah busi yang sudah habis, BBM tidak bisa terbakar," ucap Bambang, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/8/2022). 

Dengan begitu, komposisi akhir pembakaran akan ikut terpengaruh dan berdampak pada asap yang dikeluarkan.

  • Sensor Oxygen Bermasalah

Selain itu, Bambang menjelaskan, akibat kerusakan sensor oksigen juga membuat pembakaran tak bisa normal. Sensor biasanya bertugas mengirimkan sinyal ke ECU, agar nantinya memerintahkan pasokan bahan bakar dan udara seimbang. 

Sensor oxygen Daihastu Xenia Dicky Aditya Wijaya Sensor oxygen Daihastu Xenia

Baca juga: Mengenal Fungsi Overdrive pada Tuas Transmisi Mobil Matik

"Jika ketika ada sisa bahan bakar di dalam ruang bakar,  fungsi sensor O2 mengurangi pasokan BBM. Sehingga ECU tidak bisa memanipulasi data informasi pembakaran mesin dengan rasio 1:14,7, tutur Bambang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.