Tabrak Truk, Porsche Hangus Terbakar dan Pengemudi Tewas di Tol Jagorawi

Kompas.com - 26/08/2022, 12:39 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini terjadi kecelakaan maut yang menimpa satu unit mobil sport Porsche di Km 42+800 Tol Jagorawi arah Ciawi, Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Porsche tersebut terbakar setelah menabrak bagian belakang truk Mitsubishi Fuso pengangkut pakan ayam, pada Kamis (25/8/2022) malam.

“Betul, jadi di Km 42+800 ada kejadian mobil Porsche yang menabrak bagian belakang truk yang berjalan pelan di lajur 1. Dari keterangan saksi tadi malam kecelakan terjadi karena pengemudi kurang konsentrasi,” ucap Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor AKP Dicky Prananta, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/8/2022).

Baca juga: Awas Macet, Masih Ada Pekerjaan Jalan di Ruas Tol Jagorawi

Berdasarkan keterangan, mobil Porsche tersebut melaju dengan kecepatan tinggi. Pengemudi tidak bisa mengendalikan mobil tersebut dan langsung menabrak bagian belakang truk hingga terbakar.

Akibat kejadian tersebut, pengemudi mobil Porsche yang terlibat kecelakaan dengan truk ditemukan tewas karena terperangkap di dalam mobil.

Hilangnya konsentrasi saat berkendara memang bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakan. Untuk itu pengemudi dituntut untuk selalu tetap fokus dan memperhatikan beberapa hal.

Berkendara di belakang kendaraan besar di jalan tolWendellandCarolyn Berkendara di belakang kendaraan besar di jalan tol

“Pertama, pengemudi harus jaga jarak aman 4-6 detik kedepan. Dan apabila jarak pandang hanya 100 meter maka harus menyalakan lampu jauh,” ucap Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, Jumat (26/8/2022).

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah jaga dan segera kurangi kecepatan apabila ada objek seperti truk yang berjalan lambat.

“Jangan pernah tes kecepatan di jalan tol, terlihat sepi atau kosong tapi bahayanya besar. Serta jaga emosi untuk tidak mengira-ngira dengan menyusul kendaraan dari sisi kiri dan pastikan fokus pengendara minimal 95 persen. Sehingga antisipasi atau keputusan yang diambil tidak gagal,” katanya.

Perihal mobil terbakar, pada dasarnya terjadi karena ada kebocoran pada saluran bahan bakar dan oli mesin. Potensi kebocoran ini, akan semakin besar jika mobil mengalami tabrakan di bagian depan dan belakang karena area mesin atau tangki bahan bakar terguncang.

Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tibatrofire.com Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tiba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.