Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabrak Truk, Porsche Hangus Terbakar dan Pengemudi Tewas di Tol Jagorawi

Kompas.com - 26/08/2022, 12:39 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini terjadi kecelakaan maut yang menimpa satu unit mobil sport Porsche di Km 42+800 Tol Jagorawi arah Ciawi, Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Porsche tersebut terbakar setelah menabrak bagian belakang truk Mitsubishi Fuso pengangkut pakan ayam, pada Kamis (25/8/2022) malam.

“Betul, jadi di Km 42+800 ada kejadian mobil Porsche yang menabrak bagian belakang truk yang berjalan pelan di lajur 1. Dari keterangan saksi tadi malam kecelakan terjadi karena pengemudi kurang konsentrasi,” ucap Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor AKP Dicky Prananta, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/8/2022).

Baca juga: Awas Macet, Masih Ada Pekerjaan Jalan di Ruas Tol Jagorawi

Berdasarkan keterangan, mobil Porsche tersebut melaju dengan kecepatan tinggi. Pengemudi tidak bisa mengendalikan mobil tersebut dan langsung menabrak bagian belakang truk hingga terbakar.

Akibat kejadian tersebut, pengemudi mobil Porsche yang terlibat kecelakaan dengan truk ditemukan tewas karena terperangkap di dalam mobil.

Hilangnya konsentrasi saat berkendara memang bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakan. Untuk itu pengemudi dituntut untuk selalu tetap fokus dan memperhatikan beberapa hal.

Berkendara di belakang kendaraan besar di jalan tolWendellandCarolyn Berkendara di belakang kendaraan besar di jalan tol

“Pertama, pengemudi harus jaga jarak aman 4-6 detik kedepan. Dan apabila jarak pandang hanya 100 meter maka harus menyalakan lampu jauh,” ucap Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, Jumat (26/8/2022).

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah jaga dan segera kurangi kecepatan apabila ada objek seperti truk yang berjalan lambat.

“Jangan pernah tes kecepatan di jalan tol, terlihat sepi atau kosong tapi bahayanya besar. Serta jaga emosi untuk tidak mengira-ngira dengan menyusul kendaraan dari sisi kiri dan pastikan fokus pengendara minimal 95 persen. Sehingga antisipasi atau keputusan yang diambil tidak gagal,” katanya.

Perihal mobil terbakar, pada dasarnya terjadi karena ada kebocoran pada saluran bahan bakar dan oli mesin. Potensi kebocoran ini, akan semakin besar jika mobil mengalami tabrakan di bagian depan dan belakang karena area mesin atau tangki bahan bakar terguncang.

Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tibatrofire.com Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tiba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com