Kompas.com - 24/08/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Segmen mobil Low Cost Green Car (LCGC) masih menjadi kendaraan yang banyak diminati di Indonesia. Namun, mobil yang dikenal dengan harga murah tersebut juga memiliki beberapa kekurangan mengenai kenyamanan berkendara.

Maka dari itu, berbagai cara digunakan untuk menunjang kenyamanan mobil LCGC, salah satunya peredam kabin mobil.

Baca juga: Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Masih Berlaku di Banten

Mobil LCGC identik dengan bodi dari bahan pelat yang tipis yang mana rentan terdengar suara bising dari dalam kabin mobil.

Mulai ketika terkena rintik hujan, suara ban yang bergesekan dengan jalan atau bahkan suara mesin mudah terdengar di dalam kabin saat berkendara.

Tentunya suara tersebut akan mengganggu konsentrasi berkendara. Maka dari itu tak ada salahnya mobil LCGC disematkan peredam suara.


Novia Hadi Putri, Brand Manager Z3RO Solution mengatakan jika harga pemasangan peredam suara mobil berbeda tiap jenis mobil.

“Paket pemasangan peredam suara di Z3ro Solutions terbagi berdasarkan tipe atau ukuran mobil. Misal untuk 4 pintu mobil small seperti Brio, Agya atau Yaris itu harganya mulai dari Rp 1,6 juta. Material yang digunakan yaitu smartplast 1,5 mm,” kata Novia kepada Kompas.com, Rabu (24/8/2022).

Ilustrasi peredam suara pada kabin mobilGRIDOTO.com/RADITYO HERDIANTO Ilustrasi peredam suara pada kabin mobil

Novia menjelaskan Z3RO Solutions adalah solusi peredaman yang berfokus pada solusi getaran, solusi akustik dan solusi panas untuk kendaraan maupun ruangan.

Di Z3RO solutions terdiri dari beberapa tipe peredam berdasarkan ketebalan dan fungsinya. Maka dari itu, pemasangan peredam suara untuk segmen mobil LCGC akan berbeda tergantung kebutuhan dan material yang dipakai.

Baca juga: Ultimatum Bos Ducati: Jangan Ada Pebalap yang Ganggu Pecco Bagnaia!

Untuk paket pemasangan peredam suara di mobil secara full kabin mulai Rp 4,5 juta. Material yang digunakan yakni smartplast 1,5 mm.

“Sementara itu, untuk medium car harga pemasangan peredam suara mulai dari Rp 6,1 juta menggunakan smartplast 1,5 mm,” kata Novia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.