Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Paham, Ini Hitung Waktu Perawatan CVT Skutik

Kompas.com - 22/08/2022, 14:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu komponen yang masuk daftar servis wajib pada sepeda motor matik atau skutik adalah CVT.

Komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting, yakni sebagai alat penggerak otomatis pada motor matik

Lantaran itu, jangan berfikir bila melakukan ritual ganti oli mesin dan gardan saja sudah cukup mewakili perwatan untuk skutik.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Pengguna Skutik yang Bikin CVT Berusia Pendek

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim mengatakan, perawatan bagian CVT skutik sangat penting. Mulai v-belt, roller, dan kampas ganda matik harus di cek. 

Ilustrasi servis motor di bengkel resmi HondaDok. DAM Ilustrasi servis motor di bengkel resmi Honda

"CVT harus bebas dari debu, kotoran, dan air agar tetap berfungsi normal. Jika tanpa perawatan bisa menghambat putaran transmisi. Tenaga mesin tidak bisa disalurkan ke roda belakang secara maksimal," ucap Nurhadi kepada Kompas.com, Senin (22/8/2022). 

Tak hanya itu, Nurhadi mengatakan, CVT terdapat filter atau saringan yang perlu diperhatikan kondisinya, karena dapat terkena air saat musim hujan dan juga berdebu.

"Lakukan pemeriksaan dan pembersihan filter CVT setiap 1.000 km," kata dia. 

Tak hanya itu, ada lagi poin perawatan berkala tiap 10.000 km. Menurut Nurhadi, bengkel resmi akan melakukan pemeriksaan dan pembersihan komponen CVT agar akselerasi lebih halus.

Baca juga: Kenali Gejala V-Belt Skutik yang Minta Diganti

CVT MatikKompas.com CVT Matik

"Pada beberapa bagian CVT membutuhkan pelumasan, part yang berotasi akan di beri grease atau gemuk untuk meminimalisir gesekan berlebih," ujar Nurhadi. 

Nurhadi meminta agar komponen v-belt skutik diganti setiap hitungan jarak 24.000 km. Soal pergantian komponen lain di dalam blok CVT, disarankan mengganti satu paket, seperti untuk roller dan v-belt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.