Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2022, 09:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Perusahaan kendaran bermotor asal China, Chery menargetkan dapat menjual mobil listrik hingga 50-60 persen dari total penjualannya di dalam negeri pada tahun 2025 mendatang.

Langkah tersebut seiring dengan visi Chery untuk bisa berkontribusi menuju era elektrifikasi pada kendaraan bermotor di Indonesia dan terus memperkenalkan teknologi terbaru.

"Kami berharap dalam lima tahun ke depan, penjualan new energy cars (listrik) mencapai 50-60 persen dari total penjualan Chery di Indonesia," kata Tao Yong, President Chery Sales Indonesia (CSI) saat ditemui di ICE BSD City, Tangerang.

Baca juga: Chery Berencana Bawa Pesaing Wuling Air ev di Indonesia

Chery Omoda 5CHERYINTERNATIONAL.com Chery Omoda 5

Untuk mencapai harapan itu, beberapa strategi akan dilakukan, dari memperkenalkan produk line-up yang lebih lengkap, memproduksi kendaraan listrik terkait, sampai membangun jaringan diler sesuai standar global.

Khusus soal produk, mobil listrik yang hendak dibawa ke Indonesia oleh Chery ialah Omoda 5 Electric Vehicle (EV), Tiggo 7 Pro Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Tiggo 8 Pro PHEV, sampai model terbaru lainnya.

"Omoda 5 EV rencana kita kenalkan pada pertengahan tahun depan. Selain itu kami juga punya kendaraan listrik baru yaitu EO1 dan EO3, Ini benar-benar baru seperti Tesla bergaya crossover," ucap Tao.

"Soal produksi di dalam negeri, tentu kita juga memiliki rencana tersebut. Tetapi itu rencana jangka panjang kami," tambahnya.

Baca juga: Hasil MotoGP Austria, Quartararo Rusak Pesta Ducati, Bagnaia Juara

Chery EQ1CHERYINTERNATIONAL.com Chery EQ1

Ia berharap, dalam tahap awal atau perkenalan kendaraan listrik di Indonesia, pemerintah memperbolehkan perseroan untuk mengimpor lebih dahulu secara completely built-up (CBU). Supaya, pasar bisa cepat terbentuk.

Dalam kesempatan sama, Tao menyatakan bahwa akan mulai membuat pabrik sendiri pada periode 2024-2025. Rencana ini, sebagai implementasi komitmen perusahaan senilai Rp 1 miliar dollar AS atau setara Rp 14,9 triliun.

"Invetasi kita akan diimplementasikan ke dalam empat tahap yang dimulai pada tahun 2022. Pada fase pertama, kita berkerja sama dengan local partner guna memproduksi mobil dengan kapasitas per-tahunnya sekitar 20.000 unit," ujar dia.

Baca juga: Kejar Target Produksi 200.00 unit, Ini Rencana Chery

Kemudian pada fase kedua, yang dimulai pada 2024, pabrikan mulai lakukan aktivitas produksi di fasilitas manufaktur sendiri. Dengan kombinasi fasilitas perakitan, maka target produksinya menjadi 50.000 unit.

Dua tahun kemudian atau saat memasuki fase ketiga, target kapasitas produksi menjadi dua kali lipat yakni 100.000 unit dan menjadi dua kali lipat pada fase terkahir alias 2027-2028.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.