Adu Ganteng Suzuki Baleno, Honda City Hatchback RS, dan Toyota Yaris

Kompas.com - 22/08/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen hatchback kembali memanas dengan hadirnya Suzuki New Baleno hatchback. Mobil ini baru saja diluncurkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Baleno hadir dengan desain eksterior yang baru. Terjadi beberapa ubahan pada tampilan luarnya dibandingkan dengan model sebelumnya. Ubahannya meliputi lampu depan dan belakang, grille, bumper depan dan belakang, pelek, spoiler, dan lainnya.

Baca juga: Skema Cicilan Suzuki New Baleno, Mulai Rp 5 Jutaan per Bulan

Dengan modal tersebut, Baleno pantas untuk disandingkan dengan hatchback lainnya, seperti Honda City Hatchback RS dan Toyota Yaris.

Toyota Yaris GR SportDok. TAM Toyota Yaris GR Sport

Soal desain, kembali ke selera masing-masing konsumen. Ketiga mobil hatchback ini juga memiliki karakter dan keunggulan yang berbeda.

Tapi, jika dibandingkan eksteriornya, Yaris punya desain lampu yang lebih tajam. Sehingga, terlihat lebih agresif. Selain itu, dimensinya juga cukup kompak.

Baca juga: Ulik Spesifikasi Suzuki Baleno, Hatchback Andalan Suzuki di GIIAS 2022

City Hatchback RS juga tampil lebih sporty dibandingkan Baleno yang kesannya lebih terlihat elegan. Secara dimensi, Baleno ukurannya juga cukup kompak.

Honda City Hatchback RSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda City Hatchback RS

Yaris memiliki panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.500 mm. City Hatchback memiliki panjang 4.349 mm, lebar 1.748 mm, dan tinggi 1.488 mm. Sementara Baleno, panjangnya 3.995 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 1.510 mm.

Jadi, City Hatchback RS bodinya paling panjang dan paling lebar. Sementara yang paling tinggi, bodi dari Baleno. Soal jarak sumbu roda, Baleno yang paling pendek, yakni 2.520 mm. Sedangkan, Yaris jaraknya 2.550 mm dan City Hatchback berjarak 2.589 mm.

Suzuki New BalenoKompas.com/Donny Suzuki New Baleno

Ketiganya sama-sama sudah dibekali dengan spoiler yang terintegrasi dengan lampu belakang. Lampu depan juga semuanya sudah mengadopsi teknologi LED.

Tapi, hanya Baleno yang masih mengandalkan antena model short pole. Sementara Yaris dan City Hatchback, lebih modern dengan antena model shark fin.

Sementara untuk peleknya, hanya Yaris yang menggunakan pelek single tone dengan warna hitam. Sedangkan pada City Hatchback dan Baleno, sama-sama dibekali pelek model dual tone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.