Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Ganteng Suzuki Baleno, Honda City Hatchback RS, dan Toyota Yaris

Kompas.com - 22/08/2022, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen hatchback kembali memanas dengan hadirnya Suzuki New Baleno hatchback. Mobil ini baru saja diluncurkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Baleno hadir dengan desain eksterior yang baru. Terjadi beberapa ubahan pada tampilan luarnya dibandingkan dengan model sebelumnya. Ubahannya meliputi lampu depan dan belakang, grille, bumper depan dan belakang, pelek, spoiler, dan lainnya.

Baca juga: Skema Cicilan Suzuki New Baleno, Mulai Rp 5 Jutaan per Bulan

Dengan modal tersebut, Baleno pantas untuk disandingkan dengan hatchback lainnya, seperti Honda City Hatchback RS dan Toyota Yaris.

Toyota Yaris GR SportDok. TAM Toyota Yaris GR Sport

Soal desain, kembali ke selera masing-masing konsumen. Ketiga mobil hatchback ini juga memiliki karakter dan keunggulan yang berbeda.

Tapi, jika dibandingkan eksteriornya, Yaris punya desain lampu yang lebih tajam. Sehingga, terlihat lebih agresif. Selain itu, dimensinya juga cukup kompak.

Baca juga: Ulik Spesifikasi Suzuki Baleno, Hatchback Andalan Suzuki di GIIAS 2022

City Hatchback RS juga tampil lebih sporty dibandingkan Baleno yang kesannya lebih terlihat elegan. Secara dimensi, Baleno ukurannya juga cukup kompak.

Honda City Hatchback RSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda City Hatchback RS

Yaris memiliki panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.500 mm. City Hatchback memiliki panjang 4.349 mm, lebar 1.748 mm, dan tinggi 1.488 mm. Sementara Baleno, panjangnya 3.995 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 1.510 mm.

Jadi, City Hatchback RS bodinya paling panjang dan paling lebar. Sementara yang paling tinggi, bodi dari Baleno. Soal jarak sumbu roda, Baleno yang paling pendek, yakni 2.520 mm. Sedangkan, Yaris jaraknya 2.550 mm dan City Hatchback berjarak 2.589 mm.

Suzuki New BalenoKompas.com/Donny Suzuki New Baleno

Ketiganya sama-sama sudah dibekali dengan spoiler yang terintegrasi dengan lampu belakang. Lampu depan juga semuanya sudah mengadopsi teknologi LED.

Tapi, hanya Baleno yang masih mengandalkan antena model short pole. Sementara Yaris dan City Hatchback, lebih modern dengan antena model shark fin.

Sementara untuk peleknya, hanya Yaris yang menggunakan pelek single tone dengan warna hitam. Sedangkan pada City Hatchback dan Baleno, sama-sama dibekali pelek model dual tone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com