Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik di GIIAS 2022 Hanya Keperluan Ekshibisi

Kompas.com - 22/08/2022, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Makin banyak merek sepeda motor listrik masuk Indonesia. Situasi ini cukup positif karena bisa mempercepat tren percepatan elektrifikasi yang digaungkan pemerintah.

Berbagai merek baru yang hadir ke pasar membuat pilihan konsumen semakin banyak. Konsumen dapat memilih batas harga yang diinginkan mulai dari kelas entry level, medium, sampai premium yang mahal.

Seperti pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berakhir pada Minggu (21/8/2022).

Baca juga: Adu Interior Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla, Siapa yang Menarik?

Segway Motors Indonesia meluncur di IndonesiaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Segway Motors Indonesia meluncur di Indonesia

Pilihan motor listrik bahkan bisa didapat mulai harga Rp 10 jutaan untuk merek Exotic E-Bike, yang masih satu grup dengan Pacific Bike.

Sementara untuk tipe premium, ada Segway E200P yang dibekali baterai ATL Power Lithium 74V27Ah Single dan motor listrik SCBM 5000 W.

Motor listrik ini mampu dipacu hingga 100 kpj dengan jarak tempuh hingga 200 Km. Adapun banderolnya mencapai Rp 85 juta.

Baca juga: MotoGP Resmi Terapkan Sprint Race Mulai Tahun Depan

Ketika ditemui usai seremoni penutupan GIIAS 2022, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menanggapi banyaknya peluncuran motor listrik keluaran baru di ajang tersebut.

“Enggak, motor listrik bukan anggota Gaikindo. Karena kita hanya konsentrasi di mobil, tapi pada saat pameran ini kita menerima mereka juga untuk adakan pameran,” ujar Nangoi di ICE BSD City, Sabtu (22/8/2022).

Menurut dia, kehadiran motor listrik di GIIAS 2022 hanya untuk keperluan ekshibisi. Apalagi tren elektrifikasi tidak hanya didominasi kendaraan roda empat, tetapi juga di segmen yang lebih terjangkau seperti sepeda motor.

“Harga bahan bakar yang mahal, penggunaan listrik yang jauh lebih murah itu akan menolong banyak, dan lebih bersih lingkungan tentunya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com