Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Semua Tutup Tangki Bensin Wajib Berlubang?

Kompas.com - 22/08/2022, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar anggapan setiap tutup tangki bahan bakar wajib memiliki lubang sebagai ventilator agar tetap bertekanan 1 atmosfer.

Seperti yang diketahui tangki bahan bakar bisa mengalami kevakuman ketika tidak memiliki ventilator, akibatnya suplai bahan bakar menuju karburator terhambat. Sebaliknya, tangki bahan bakar bisa mengalami tekanan berlebih karena terjadi penguapan.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan tidak semua tutup tangki bensin wajib memiliki lubang, justru sebaiknya tidak berlubang karena uap bensin tidak baik jika dibiarkan menyebar di alam bebas.

Baca juga: Mengenal Sistem Ventilasi Uap Bensin di Tangki Mobil

Foto tangki bensinZulfana K. Rijal Foto tangki bensin

“Tidak semua tutup bensin wajib memiliki lubang, karena sebenarnya uap bensin tidak boleh dibuang bebas di alam, perlu ditampung pada wadah khusus saat mesin mati dan dapat disalurkan ke ruang bakar ketika mesin menyala,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (21/8/2022).

Dia mengatakan beberapa mobil sudah dilengkapi dengan penampung uap bensin, jadi tidak ada uap bensin yang keluar ke udara bebas.

“Beberapa tutup tangki bensin memang masih memiliki lubang sebagai saluran ventilasi, sama seperti pada tangki bahan bakar sepeda motor,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Apa yang Terjadi bila Mobil Isi Bensin Eceran?

Proses kuras bensin pada tangki bensinZulfana K. Rijal Proses kuras bensin pada tangki bensin

Dia mengatakan jika sistem tangki bahan bakar belum lengkap, maka tutup tangki wajib memiliki lubang sebagai ventilator.

“Biasanya kalau ada masalah pada saluran canister, seperti pampat, beberapa orang memilih melubangi tutup tangki bensin daripada memperbaiki saluran penampung uap bensin yang sudah rusak,” ucap Ibrohim.

Jadi, tidak semua tutup tangki bensin harus memiliki lubang, tergantung sistem tangki bahan bakar dalam menangani uap bensin seperti apa. Apakah dilengkapi dengan tampungan uap bensin khusus atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com