Kompas.com - 22/08/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - LCGC atau Low Cost Green Car punya rekomendasi bahan bakar yang harus diikuti pemiliknya. BBM yang seharusnya diisi ke LCGC adalah minimal memenuhi RON 92 atau setara Pertamax.

Rekomendasi bahan bakar ini juga sudah tertulis pada Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013. Selain itu, pada kaca belakang juga ditempel rekomendasi bahan bakar yang digunakan.

Tentu saja, ada juga pemilik yang tidak mengikuti rekomendasi tersebut. Jadi LCGC miliknya malah diisi dengan bahan bakar yang punya RON di bawah 92, misalnya Pertalite yang nilai RON 90.

Baca juga: Pilihan LCGC Bekas di Bawah Rp 100 Juta untuk Wilayah Semarang

Rekomendasi Jenis Bahan Bakar untuk mobil LCGC Rekomendasi Jenis Bahan Bakar untuk mobil LCGC

Lalu apakah jika mengisi BBM LCGC tidak sesuai dengan rekomendasi, apakah garansi bisa hilang?

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, ketika LCGC diisi dengan bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi, maka garansi akan hangus.

"Ya (hangus) karena tidak sesuai bahan bakarnya. Kerusakan yang diakibatkan tidak ditanggung garansinya," ucap Didi kepada Kompas.com, Minggu (21/8/2022).

Baca juga: Hyundai Stargazer Jadi MPV Favorit di GIIAS 2022


Didi mengatakan, bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi menyebabkan penumpukkan karbon di ruang bakar. Akibarnya, mesin jadi mengalami gejala ngelitik.

"Akhirnya terjadi fenomena turunnya performa," kata Didi.

Penumpukkan kerak karbon juga menyebabkan klep jadi tidak tertutup rapat. Jadi jika sampai terjadi kerusakan, maka garansi mesin jadi tidak berlaku lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.