Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Mobil LCGC Minum BBM Pertalite Bikin Garansi Hilang?

Kompas.com - 22/08/2022, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LCGC atau Low Cost Green Car punya rekomendasi bahan bakar yang harus diikuti pemiliknya. BBM yang seharusnya diisi ke LCGC adalah minimal memenuhi RON 92 atau setara Pertamax.

Rekomendasi bahan bakar ini juga sudah tertulis pada Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013. Selain itu, pada kaca belakang juga ditempel rekomendasi bahan bakar yang digunakan.

Tentu saja, ada juga pemilik yang tidak mengikuti rekomendasi tersebut. Jadi LCGC miliknya malah diisi dengan bahan bakar yang punya RON di bawah 92, misalnya Pertalite yang nilai RON 90.

Baca juga: Pilihan LCGC Bekas di Bawah Rp 100 Juta untuk Wilayah Semarang

Rekomendasi Jenis Bahan Bakar untuk mobil LCGC Rekomendasi Jenis Bahan Bakar untuk mobil LCGC

Lalu apakah jika mengisi BBM LCGC tidak sesuai dengan rekomendasi, apakah garansi bisa hilang?

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, ketika LCGC diisi dengan bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi, maka garansi akan hangus.

"Ya (hangus) karena tidak sesuai bahan bakarnya. Kerusakan yang diakibatkan tidak ditanggung garansinya," ucap Didi kepada Kompas.com, Minggu (21/8/2022).

Baca juga: Hyundai Stargazer Jadi MPV Favorit di GIIAS 2022


Didi mengatakan, bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi menyebabkan penumpukkan karbon di ruang bakar. Akibarnya, mesin jadi mengalami gejala ngelitik.

"Akhirnya terjadi fenomena turunnya performa," kata Didi.

Penumpukkan kerak karbon juga menyebabkan klep jadi tidak tertutup rapat. Jadi jika sampai terjadi kerusakan, maka garansi mesin jadi tidak berlaku lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com