Ingat Lagi Soal Aturan LCGC Disarankan Pakai BBM RON 92

Kompas.com - 22/08/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan Low Cost Green Car atau LCGC menjadi salah satu segmen yang paling ramai ditemui di jalanan Indonesia.

Pada saat awal keluar regulasinya, terdapat beberapa model LCGC yang bisa dibeli. Misal dari Toyota ada Calya dan Agya, Daihatsu punya Sigra dan Ayla, Honda dengan Brio Satya, Suzuki dengan Wagon R, dan Datsun dengan Go+ Panca.

Namun seiring tahun, tinggal LCGC dari Toyota, Daihatsu, dan Honda yang bertahan. Bicara soal LCGC, ada syarat yang harus dipenuhi dari mobil murah hemat bbm ini, salah satunya mengenai jenis BBM yang bisa digunakan.

Baca juga: Siap Meluncur, Suzuki S-Presso Bakal Incar Segmen City Car atau LCGC?

Komparasi LCGC antara Toyota Agya dan Daihatsu AylaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Komparasi LCGC antara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau, LCGC cuma boleh diisi dengan BBM dengan minimal RON 92.

Dikutip dari laman Kemenperin, dijelaskan kalau LCGC harus memakai bahan bakar yang memenuhi spesifikasi minimal Research Octane Number (RON) 92 untuk motor bakar cetus api dan Cetane Number (CN) 51 untuk diesel.

Baca juga: Hasil MotoGP Austria, Quartararo Rusak Pesta Ducati, Bagnaia Juara


Selain itu, ketentuan lain untuk LCGC adalah harus punya konsumsi bahan bakar yang irit. Syaratnya, minimal konsumsi bahan bakar yang harus diraih adalah 20 km per liter.

Selain itu, juga diatur ketentuan penggunaan tambahan merek, model, dan logo yang mencerminkan Indonesia. Oleh karena itu, logo di depan Agya dan Calya bukan lambang Toyota, tapi burung garuda, begitu juga di Ayla, Sigra, serta Brio Satya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.