Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serbuan Motor Listrik China ke Indonesia, Apakah Sudah Lolos Uji Tipe?

TANGERANG, KOMPAS.com – Belakangan ini peluncuran sepeda motor listrik banyak dilakukan oleh merek-merek baru yang mencoba peruntungan di industri otomotif Tanah Air.

Ada yang berasal dari merek besar, tapi banyak juga berasal dari China, lalu di-rebranding menjadi merek lokal.

Fenomena ini begitu terasa dari berbagai motor listrik yang sporadis meluncur di Indonesia, umumnya punya kesamaan, mulai desain, teknologi, atau asal pabrik yang serupa.

Dewanto Purnacandra, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, mengatakan, setiap merek yang ingin memasarkan produknya wajib melakukan uji tipe.

Seperti diketahui, uji tipe ini wajib dilakukan sebagai syarat untuk mengeluarkan surat-surat sah kendaraan.

“Uji tipenya sama dengan yang lainnya, tapi kalau dikatakan mudah, enggak juga,” ujar Dewanto di ICE BSD City (18/8/2022).

“Ada beberapa yang tidak langsung lulus, mesti uji ulang lagi ada beberapa. Sehingga cukup lama dia mendapatkan hasil uji tipe,” kata dia.

Dewanto juga menampik anggapan bahwa Kemenhub memberikan kemudahan bagi merek-merek baru yang ingin berjualan di Indonesia.

“Jadi belum tentu semua, mungkin baru coba pasar, kalau oke dia baru uji tipe. (Kalau belum uji tipe) enggak bisa lah (dijual). Konsumen kasihan dia enggak bisa dapat STNK,” ucap Dewanto.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/19/100200015/serbuan-motor-listrik-china-ke-indonesia-apakah-sudah-lolos-uji-tipe-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke