Kompas.com - 18/08/2022, 15:41 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 menghadirkan beragam kendaraan elektrifikasi. Salah satu booth yang banyak memamerkannya adalah Toyota.

Tak sedikit kendaraan elektrifikasi yang dihadirkan oleh Toyota, khususnya yang berteknologi hibrida, seperti Camry Hybrid, Prius PHEV, Corolla Altis Hybrid, Corolla Cross Hybrid, dan C-HR Hybrid.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, terjadi perubahan perilaku konsumen yang menarik, termasuk pada pameran ini. Menurutnya, konsumen sudah mulai kritis mencari mobil yang lebih irit bahan bakar.

Baca juga: Toyota Tanggapi Kemunculan Daihatsu Ayla EV di GIIAS 2022

"Jadi, mobil-mobil yang elektrifikasi, yang lebih irit bahan bakar, itu yang banyak ditanyakan oleh konsumen sekarang. Perilaku itu yang berubah," ujar Anton, kepada wartawan, di ICE BSD, Rabu (17/8/2022).

Toyota Astra Motor (TAM) di GIIAS 2022Doc TAM Toyota Astra Motor (TAM) di GIIAS 2022

Anton menambahkan, dirinya berharap pasar tetap tumbuh. Selanjutnya, tinggal segmen atau tipe dari model seperti apa yang konsumen pilih dan pasti yang lebih irit bahan bakar.

"Segmen yang cukup naik dibandingkan bulan lalu, bulan ini lah, itu banyak di segmen-segmen yang low dan medium. Jadi, LCGC di Toyota meningkat cukup besar, seperti Calya meningkatnya sangat tinggi. Permintaan dari segmen menengah, seperti kelasnya Avanza, itu juga cukup stabil," kata Anton.

Baca juga: Meriahkan HUT RI di GIIAS 2022, Toyota Umumkan Pemenang Lomba Gambar

Anton mengatakan, Calya biasanya per bulan terjual 2.000 unit hingga 3.000 unit. Belakangan ini, penjualannya mencapai angka 4.000 unit hingga 5.000 unit.

Toyota bZ4X dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Dibawa langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dari Jepang, mobil ini untuk kali pertama hadir di pasar Asia Tenggara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Toyota bZ4X dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Dibawa langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dari Jepang, mobil ini untuk kali pertama hadir di pasar Asia Tenggara.

"Kemudian, sudah banyak sekali permintaan untuk yang hybrid, sangat kuat. Bahkan, permintaan untuk introduce plug-in hybrid dan BEV di Toyota sendiri terus meningkat," ujarnya.

"Jadi, saya rasa trennya akan ke arah sana. Kalau memang harga BBM ini masih bertahan di angka yang tinggi sampai setahun ke depan, trennya akan berlanjut terus sampai tahun depan," kata Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.