Kompas.com - 17/08/2022, 18:41 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Berkemah dengan mobil atau campervan di Indonesia memang sedang tren. Bahan yang harus disiapkan pun sebenarnya cukup sederhana, yakni mobil dan kemauan.

Ketika mobil sudah siap, maka tinggal dibawa ke camping kemudian parkir dan menginap di dalam kabin. Kalau mau lebih nyaman, bisa dengan memasang tenda di atap (roof tent) dan samping kendaraan atau awning.

Jadi, saat sudah berada di perkemahan, tinggal membuka tenda di atap dan dijadikan tempat tidur. Selain itu, awning di samping bisa dibuka agar tercipta area untuk duduk-duduk dan terlindung dari panas dan hujan.

Baca juga: Modifikasi Mercy Sprinter Jadi Campervan, Lengkap dengan Pemanas Air

Roof tent Madlife Overland KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Roof tent Madlife Overland

Kedua aksesori tersebut bisa dibilang mudah dipasang dan didapat. Selain itu, sudah banyak juga merek lokal yang memproduksi baik roof tent maupun awning, misalnya seperti Madlife Overland, dan Hunay.

Untuk awning, Madlife Overland punya beberapa tipe yang bisa dipilih. Misalnya 90 derajat, 180 derajat, sampai yang paling besar adalah 270 derajat.

"Tipe 90 derajat harga Rp 2,5 juta, 180 derajat harga Rp 3,5 juta, dan 270 derajat harga Rp 4 juta," ucap Lulu, Pemilik Madlife Overland kepada Kompas.com, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: Pilihan 3 Motor Listrik Termurah di GIIAS 2022, Tak Sampai Rp 10 Juta


Sedangkan untuk roof tent, harganya juga bervariasi, mulai Rp 10,5 juta. Untuk merek Madlife Overland, tersedia dua tipe, Pro series dan Hardshell, harganya pun berbeda antara kedua model tersebut.

"Hardshell mulai Rp 12 juta sampai Rp 16 juta. Pro series mulai Rp 10,5 juta sampai Rp 13,5 juta," ucapnya.

Roof tent Hunay KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Roof tent Hunay

Sedangkan untuk merek Hunay, harga jual tergantung dari model yang dipilih. Paling kecil ada ukuran 120 cm x 200 cm, dibanderol Rp 12,5 juta.

Sedangkan yang bisa dilihat di GIIAS 2022, merupakan tipe 140 cm x 200 cm yang diberi harga Rp 14,5 juta. Untuk yang paling besar, yakni ukuran 200 cm x 200 cm harganya Rp 19,5 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.