Kompas.com - 17/08/2022, 16:48 WIB

 

TANGERANG, KOMPAS.com – Isuzu Astra Motor Indonesia memiliki konsumen loyal yang terbilang tinggi di Tanah Air. Ini terlihat dari catatan pemesanan kembali konsumen terhadap kendaraan Isuzu (repeat order), yang mencapai angka 50 persen.

Aftersales Business, Inventory & Logistic PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Budhi Prasetyo mengatakan, dari total penjualan Isuzu, sekitar 50 persen merupakan repeat order. Menurut Budhi, pemesanan kembali itu salah satunya berkat layanan purna jual yang baik.

“Penjualan unit produk Isuzu hingga tahun 2021 meningkat sebesar 19,9 persen dengan total populasi sebesar 15 persen. Hal ini menjadi bukti bahwa Isuzu mampu menjadi partner pilihan para customer menjawab tantangan bisnis,” ujar Budhi saat meluncurkan Part Depo Isuzu di booth Isuzu di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang, Rabu, 17 Agustus 2022.

Baca juga: Sambut HUT ke-77 RI, Usher GIIAS 2022 Tampil Cantik Pakai Kebaya

Data Gaikindo menyebutkan, sepanjang 2021, penjualan Isuzu naik 52 persen dari tahun 2020 yakni dari 17.855 unit menjadi 27.276 unit. Lalu, semester 1 2022, penjualan Isuzu mencapai 14.956 unit atau melonjak 25 persen jika dibandingkan periode yang sama 2021 yang sebanyak 11.968 unit.

Inventory & Supply Operation Dept Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia Iboy Ferdian (kiri) bersama Aftersales Business, Inventory & Logistic Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia Budhi Prasetyo (tengah) dan VP of Sales & Business Development PT JNE Agusnur Widodo seusai berbicara kepada pers di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD, Tangerang, Rabu (17/8/2022). dok IAMI Inventory & Supply Operation Dept Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia Iboy Ferdian (kiri) bersama Aftersales Business, Inventory & Logistic Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia Budhi Prasetyo (tengah) dan VP of Sales & Business Development PT JNE Agusnur Widodo seusai berbicara kepada pers di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD, Tangerang, Rabu (17/8/2022).

Budhi memaparkan, pihaknya memahami kebutuhan konsumen Isuzu dari berbagai wilayah dan jenis industri yang berbeda. Seperti industri logistik yang perputarannya di area perkotaan hingga industri tambang dan perkebunan di remote area.

Sebelumnya, President Director PT IAMI Ernando Demily mengatakan, pihaknya akan memberi penekanan pada pemenuhan layanan purna jual.

“Penjualan dan layanan purna jual memiliki tingkat kepentingan yang sama. Oleh karenanya, sales dan aftersales dipastikan keduanya bekerja sama dan bersinergi untuk dapat memerikan solusi yang komprehensif dan optimal kepada customer,” kata Ernando.

Part Depo

Budhi memaparkan, salah satu langkah meningkatkan layanan purna jual yakni dengan memberi jaminan ketersediaan suku cadang. Makanya, Isuzu meresmikan Part Depo di Makassar. Part Depo ini akan melayani pengiriman suku cadang ke seluruh wilayah Indonesia Bagian Timur (IBT).

Dijelaskan, Kawasan IBT merupakan area yang menjadi fokus Isuzu saat ini. Sejalan dengan meningkatnya angka penjualan unit kendaraan, permintaan spare part juga meningkat. Tercatat penjualan spare part Isuzu naik 14,3 persen sejak 2021 hingga 2022.

Peresmian Parts Depo Isuzu di GIIAS 2022KOMPAS.com/Serafina Ophelia Peresmian Parts Depo Isuzu di GIIAS 2022

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.