Kompas.com - 15/08/2022, 08:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Meski masih berupa prototipe, namun kehadiran Daihatsu Ayla EV di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 cukup mengejutkan.

Sosok Ayla EV menjadi produk yang menyita perhatian pengunjung, bahkan bisa dibilang menjadi salah satu magnet dalam gelaranan GIIAS tahun ini.

Hal tersebut cukup wajar, pasalnya banyak pecinta otomotif yang penasaran soal transformasi mobil murah ramah lingkungan alias LCGC ini, menjadi mobil listrik murni.

Pengembangan Ayla EV murni dilakukan Research & Development (R&D) Astra Daihatsu Motor (ADM) Indonesia. Bahkan diklaim mendapat dukungan dari Jepang sebagai pihak prinsipal.

Baca juga: Bicara Status Daihatsu Ayla EV yang Curi Perhatian di GIIAS 2022


"Mereka (prinsipal) support, tapi kita tetap berkolaborasi. Bahkan mereka juga memberikan keleluasaan karena pada prinsipnya R&D kita juga partner dengan prinsipal, jadi mereka juga memberikan ruang bagi kreativitas teman-teman (Indonesia)," ujar Soni Satriya, Design Engineering Division Head Research & Development (R&D) Astra Daihatsu Motor (ADM), kepada Kompas.com, Jumat (12/8/2022).

Lantas bagaimana prospek ke depannya, apakah Ayla EV bisa jadi mobil listrik murah massal pertama Daihatsu, atau sebatas mimpi?

Ruang mesin Ayla EV yang kini sudah digantikan dengan baterai.KOMPAS.com/STANLY RAVEL Ruang mesin Ayla EV yang kini sudah digantikan dengan baterai.

Menjawab hal ini, Sony menjelaskan pada dasarnya sampai saat ini pihak R&D ADM masuk terus melakukan riset dari model prototipe yang ada.

"Menurut saya, untuk produk masa depan harus ada pengkajian yang lebih lanjut. Tantangan EV di Indonesia ini dari regulasi, infrastruktur, dan belum lagi soal supply chain electric yang juga sangat penting," ujar Sony.

Baca juga: Masih Studi, Daihatsu Mulai Proyek Ayla EV sejak 2020

"Jadi kami pikir cukup men-studi. Kalau ditanya optimis atau tidak, ini bicara soal pribadi (di luar ADM) sebenarnya teknologi itu selalu ada tren, tapi untuk sampai mature butuh proses serta tergantung banyak faktor lain," katanya.

Daihatsu Ayla EVKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Ayla EV

Hal serupa sebelumnya juga sudah dijelaskan oleh Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT ADM Sri Agung Handayani.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.